Minggu, 17 Oktober 2021

Empat Tips Presentasi tanpa Grogi

 

Milah Smart
 

Bismillahirohmanirrahim.

Sahabat Milasmart, pernah ndak, merasa grogi saat presentasi materi di kelas? tiba-tiba materi semuanya hilang/ngeblang? lieur bahasa sunda mah. 

Nah! ingin belajar tampil percaya diri, tapi masih bingung bagaimana caranya? Pada kesempatakan kali ini, Mila akan berbagi empat tips agar sahabat bisa tampil presentasi dengan percaya diri dan tanpa grogi. 

Empat tips ini bisa sahabat Mila terapkan dalam saat presentasi, MC acara organisasi, MC yasinan, atau saat mengisi training motivasi dihadapan mahasiswa.

Mau tau? Lanjutkan membaca sampai akhir ya.


1.      Membuat Karikatur Pendengar.

Jadi sebelum kita maju diatas panggung, (misalnya 2 hari sebelum tampil) hendaknya kita latihan terlebih dahulu. Salah satunya dengan membuat karikatur para pendengar. Karikatur ini boleh dibuat dari kardus atau kita kumpulkan kursi- kursi di rumah kita, dan kita anggap bahwa semua kursi yang kita sediakan itu ada orangnya.


Ketika Mila mau tampil saat presentasi atau mengisi seminar, Mila meminta teman sekamar untuk mendengarkan Mila tampil dan mengevaluasi apa saja kekurangan yang harus diperbaiki. Kemudian jika Mila lagi sendiri, Biasnya Mila  melatakkan buku-buku yang dianggap mereka adalah para pendengar atau peserta seminar.


Paling sederhananya dari membuat karikatur pendengar itu adalah teman- teman bercerita dan presentasinya itu di hadapan cermin sambil direkap suranya. Supaya bisa menilai, bagian mana yang menjadi kekurangan Mila saat berbica. InshaAllah itu bisa sedikit membantu teman- teman untuk tidak gugup saat berbicara.

 

2.      Jangan merendahkan kapasitas diri saat mempernalkan diri.

Intinya, kita tidak boleh merendahkan diri di hadapan audiens. Seperti contohnya “Mohon maaf sebelumnya, saya tidak maksimal mempersiapkan materi ini. Ada lagi kata yang ini “Mohon maaf, saya sangat tidak pantas menyampaikan materi ini. mohon dimaklumi.”

Sahabat percaya ndak sih, kalau sebenarnya kata- kata diatas itu adalah kata- kata yang membuat kita lemah? Bener ndak? Kata- kata yang justru akan menghinakan kita.  Kalau ada yang pernah mengatakan ini, mari segera perbaiki. Kita ganti kata- katu dengan semangat. Justru, saat presentasi itu, kita harus menampilkan bahwa diri kita itu sudah siap untuk tampil dihadapan mereka.

 

3.       Mempelajari konten dengan baik.

Nah! Ini juga sangat penting kita fahami bersama. Mungkin saja kan, audiens sudah mengerti tentang materi yang akan kita sampaikan ini? Maka, untuk mengantisipasi kegugupan itu, kita harus mempelajari dan memahami betul, isi materi dengan baik.

 

4.      Mengucap “Mantra” dengan penuh keyakinan.

Maksud penulis bukan mantra seperti “Hong Bilaheng ya!” Hehe.

Mantra disini adalah berdo’a kepada Allah dengan sungguh–sungguh. Apa do’anya?

Ini dia… Biasanya Mila membaca doa Allahumma yassir walaa tu’assir artinya adalah “Ya Allah, permudahkanlah urusanku dan janganlah Engkau persulit.”

Cukup. Itu aja yang bisa penulis sampaikan lewat tulisan ini. Semoga bermanfaat.


Tulisan diatas merupakan hasil baca buku Mila bersama adek Fatimah juga Asti dan Atikah (adik tingkat di kampus) saat kami berempat berkunjung ke toko Gramedia Lampung (empat tahun silam). Mila masih ingat sekali tanggalnya. Sabtu, 18/8/2018.  

Semoga kalian sehat-sehat ya, dan Allah mudahkan setiap urusannya.

Salam, 
Milah Smart
Slide Designer Musliah & Training Facilitator

17 komentar:

  1. Kalau saya sebelum presentasi latihan dulu bicara di depan cermin kak, lalu pas sampai di Venue, sebelum waktu presentasi tiba, saya biasa keliling panggung atau tempat presentasi utk berlatih, dengan begini saya merasa lebih menguasai panggung tempat saya harus presentasi

    BalasHapus
  2. Tips yang sangat bermanfaat sekali ini, trimakasih mbak.. #noted

    BalasHapus
  3. Wah tips yang sangat bermanfaat nih, Kak. Penting banget buat mahasiswa maupun yang udah kerja dan harus presentasi report ke manager. Makasih!

    BalasHapus
  4. Kalau aku biasanya latihan di depan kaca. Kalau ngga coba latihan di depan keluarga. Jadi bisa meningkatkan percaya diri juga hehe.

    BalasHapus
  5. Niat banget teh mila untuk presentasi terbaiknya sampai buat karikatur pendengar segala. Hebat pisan.
    Sukses selalu, ya teh

    BalasHapus
  6. Aamiin. Semoga urusan kebaikan selalu dimudahkan. Termasuk presentasi tanpa groginya hehehe

    BalasHapus
  7. Wah makasih tips nya ka Mila. Kalo aku biasanya pake cara yang pertama, tapi di depan kaca presentasinya

    BalasHapus
  8. jadi ingat awal mula berbicara di depan umum, deg deg an dan gak PD haha, seiring berjalannya waktu mulai deh makin percaya diri, walau tetap suka ada deg deg annya juga hihi

    BalasHapus
  9. wah terima kasih kak milah tipsnya, semoga bermanfaat bagi saya biar ga terlalu grogi waktu presentasi.

    BalasHapus
  10. Yg nomor 4, kadang suka lupa untuk baca doa permudah urusan. Makasih tipsnya kak. Jadi ngingetin aku lagi.

    BalasHapus
  11. Ini yang membuat karikatur pendengar jadi inget zaman kecil, dulu sering bikin audiens dari boneka-boneka, terus aku tampil di depan untuk mengoceh wkwk. Btw makasih tipsnya Kakk

    BalasHapus
  12. Membuat karikatur pendengar, baru denger. Klo sy biasanya latihan ngomong di depan keluarga dulu kak

    BalasHapus
  13. Tipsnya aku praktekkin mba ah. Aku masih suka grogi kalau presentasi soalnya huhu

    BalasHapus
  14. Intinya tetep percaya diri dan optimis serta menguasai materi, inshallah flownya akan mengikuti hehehe

    BalasHapus
  15. Wah, daging nih kak. Terima kasih telah berbagi tipsnya kaka.

    BalasHapus
  16. Gemter, keringat dingin sepertinya hal yang lumrah ya. Tips nya sangat bermanfaat mba. Terima kasih

    BalasHapus
  17. Kalau saya kadang suka nganggep di depan ga ada orang, biar ga grogi kak hehehe. Selain itu, kesiapan dengan materi yg dibawakan juga kunci presentasi yg lancar.. Terima kasih telah berbagi kak :D

    BalasHapus