Senin, 08 November 2021

Pengalaman Pertama Jadi Pemateri Talkshow Kemediaan

 



Sahabat Mila, presentasi online menajdi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sekarang. Baik sebagai seorang mahasiswa, guru, dosen, trainer dan dunia training facilitator, semuanya membutuhkan presentasi. Dari kesemuanya, biasanya menggunakan Microsoft PowerPoint sebagai media untuk menyampaikan pesan kepada audiensnya. Namun, tidak semua orang bisa menghadirkan slide yang menarik, efektif dan mengguggah. 

Karena itulah, Mila (Sabtu, 6/11/2021) diundang untuk menjadi salah satu narasumber pada kegiatan Talkshow Kemediaan UKM Bapinda. Ukm Bapinda adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang ada di kampus UIN Raden Intan Lampug. 

Setiap tahunnya, UKM Bapinda selalu menggelar kegiatan serupa.Tidak hanya talkshow kemediaan, berbgai perlombaan untuk kalangan mahasiswa pun dihadirkan. Ada lomba dai daiyah, lomba pidato, lomba masak dan lainnya. Seminar  kemuslimahan juga digelar. Semua itu terangkum dalma program LATANSA (kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati hari Milad UKM Bapinda)


Nah, pada kesempatan ini Mila berbagi mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan saat presentasi online. Mulai dari pembuatan Slide presentasi dan saat presentasi itu sendiri. 

Dalam agenda yang diadakan secara daring melalui flatform Zoom Meeting ini dihadiri lebih dari 40 orang. Sebagian besar adalah kader-kader UKM Bapinda yang tersebar di lima Fakultas (Fakultas Dakwah, Syariah, Ekonomi, Usuludin dan fakultas Tarbiyah).

Hal ini pun, menjadi pengalaman pertama buat Mila. Mila masih ingat betul, waktu itu (sekitar 2013-2017) Mila selalu jadi peserta, pernah juga jadi paitia acaranya. Selalu ada kekaguman ketika melihat pemateri-pemateri menjelaskan di depan (dulu mah offline yaa). 

"Hebat banget ya kakak dan mbak-mbak itu, apih, tampil percaya diri, memberikan inspirasi Mungkin itu juga akan terjadi ke Mila ya. hari ini Mila di belakang sebagai peserta, tapi dua, tiga, lima, tujuh tahun kedepan, Mila lah yang menjadi pematernya." (sambil senyum-senyum sendiri)

Sampe teman Mila yang melihat ini heran dan bertanya

"Ukh Mila, Anti kenapa senyum-senyum sendiri?"

"Enggak ukh. kagum aja sama mbak yang jadi pemateri di depan." 

"Iya ukh. ana juga terpesona dengan mbak itu."

Kalau tidak salah dulu itu ada Pegi Melati, mbak Naqi sama ummu (lupa saya juga namanya) 


Eh! kembali kesini lagi ya. Kalau dari Ahmad Nur Khalik (Tim Pembina UKM Bapinda) saat sambutannya mengatakan, bahwa tujuan dari digelarnya agenda ini adalah untuk mendorong agar para kader-kader UKM Bapinda bisa mengetahui dasar-dasar copywriting dan memahami tips dan trik presentasi Online.


Mila lanjut nanti ya tulisannya. Mau berangkat kerja. hehe



2 komentar:

  1. Insya Allah nanti ada waktunya Mba Mila bisa jadi pemateri bukan lagi jadi peserta. Kadang impian kalau diucapkan berkali-kali insya Allah jadi doa

    BalasHapus
  2. seru banget acaranya milah semoga makin berkah ya dan semakin sukses, keren sekali dan menambah banyak ilmu ya

    BalasHapus