Sabtu, 17 April 2021

SMPIT Daarul Ilmi Selenggarakan Sehari Bersama Alquran

 

Sehari Bersama Quran - SMPIT Daarul 'Ilmi

Bandar Lampung – SMP Islam Terpadu (IT) Bandar Lampung kembali menggelar agenda rutin Ramadan. Tahun ini agenda diadakan secara daring melalui platform Zoom Metting. Ahad, 18 April 2021.


Kepala SMPIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung, Ustadzah Afni mengatakan, agenda ini wajib diikuti oleh siswa kelas VII-IX SMPIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung serta didampingi oleh orangtua dan keluarga.

“Kegiatan Sehari Bersama Alquran dimulai hari Sabtu 17 April pukul 16.00 WIB sampai dengan hari Ahad 18 April 2021 pukul 18.00 WIB. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan berupa tilawah Alquran bersama keluarga, webinar di pagi hari bersama siswa dan keluarga bersama Ustaz Muhammad Vickry dan dilanjutkan zoom menjelang berbuka puasa dengan agenda pembagian hadiah dan acara berbagi pengalaman.

Kegiatan ini diharapkan menciptakan suasana kehangatan keluarga bersama Alquran serta meningkatkan interaksi dengan Alquran,” ungkapnya.

Hasil capaian tilawah Quran tertinggi acara Sehari Bersama Alquran sebanyak 251 lembar atau 25 juz dan perolehan tilawah 6 hari pertama Ramadan sebanyak 60 juz atau 2 kali khatam.

Kajian Sehari Bersama Alquran yang mengangkat tajuk “Inilah Jalan Ninjaku” yang menghadirkan qari muda Ustaz Muhammad Vickry. Selain dilaksanakan secara daring, agenda ini juga disiarkan langsung secara live streaming di Channel Youtube SIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung.

Ustaz Vickry menyampaikan, tidak ada jalan menuju kebahagiaan dan kemuliaan kecuali dengan Alquran.

“Maka siapa pun yang bersanding dengan Alquran akan menjadi makhluk mulia di muka bumi,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa ketika kita menjadi penghafal Quran berarti kita akan menjadi keluarganya Allah di dunia.

“Dengan Alquran kita akan mendapatkan tiket VIP untuk masuk surga. Insya Allah,” tambahnya.

Ustaz Vickry yang merupakan pengisi Dai Muda RCTI+ itu juga membagikan lima tips dan trik untuk menghafal Quran. Yakni niat karena Allah SWT, menggunakan mushaf yang sama sampai khatam, memilih waktu-waktu terbaik, memilih tempat terbaik, dan senantiasa berdoa agar diberikan kemudahan dalam menghafal Alquran.

Pertama, seorang penghafal Alquran itu harus senantiasa menjaga niatnya. Niatkan karena Allah dan untuk mendapatkan pahala dari Allah.

“Niat yang lurus akan menghantarkan kepada jalan yang mulus,” ujarnya.

Kedua, menggunakan mushaf yang sama sampai khatam. Supaya mata kita bisa fokus merekam ayat-ayat pada setiap halamannya.

“Ketiga, memilih waktu-waktu terbaik. Biasanya saya memilih waktu seperti malam (sebelum subuh), setelah subuh dan setelah asar,” kata dia.

Keempat, memilih tempat terbaik. Tempat terbaik itu adalah tempat yang membuat kita nyaman dan tenang ketika membaca dan menghafal Quran.

“Dan yang terakhir senantiasa berdoa dan meminta doa agar diberikan kemudahan dalam menghafal Alquran.

“Sebelum menghafal penting sekali berwudu dan berdoa kepada Allah dan meminta doa khususnya kepada kedua orangtua agar Allah mudahkan dalam menghafal Quran,” terangnya.

Pada akhir penyampaianya, Qur’an Reciter Ammar TV itu mengajak seluruh peserta agar mengoptimalkan bulan suci Ramadan ini untuk membaca dan menghafal Alquran.

“Mari kita isi setiap detik, menit dan waktu di bulan Ramadan ini sebagai waktu terbaik untuk bersama Alquran,” pungkasnya.

SMPIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung adalah salah satu lembaga pendidikan formal berbasis Islam Terpadu (IT) yang tergabung di Jaringan Islam Terpadu (JSIT) Wilayah Lampung. Beralamatkan di Jalan Bukit Kemiling Permai (BKP) Gg. Persada II Kelurahan Kemiling Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar