Minggu, 02 Januari 2022

Tiga Tips Buat Resolusi Untuk Kehidupan Yang Lebih Berarti

  

Milah Smart- Resolusi


Sahabat Mila, awal tahun identik dengan Resolusi. Banyak diantara kita atau teman-teman kita saling berkicau di media sosia mengenai resolusi. Ini resolusiku, mana resolusimu?. Bahkan diantara kita mungikin menyanyakan "Apa resolusimu tahun ini?"


Pada akhirnya Mila kemudian merenungkan akan "apa arti resolusi yang sesungguhnya"

Secara sederhananya bahwa Resolusi adalah hal mendasar untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.

Setelah itu, kemudian Alfakir bertanya lagi, kenapa kita harus membuat resolusi?
Mila kemudian mendapat jawaban dalam perenungan bahwa "Membuat resolusi memang tak menjamin hidupmu akan sukses di masa nanti, tapi ia adalah indikator utama untuk kehidupanmu yang lebih berarti."

Sahabat, mari kita buka Alqur'an surah Al-Hasyr ayat 18

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌ ۢبِمَا تَعْمَلُوْنَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan." (Q.S. Al-Hasyr: 18)


Sahabat, kita sebagai orang-orang beriman, diajurkan oleh Allah untuk memperhatikan setiap apa-apa yang telah diperbuatnya di hari esok (hari akhirat).

Para ulama tafsir menerjemahkan bahwa  لِغَدٍۚ adalah hari esok itu adalah hari akhirat (hari kematian). Hal ini Allah sampaikan untuk memberikan kesan yang mendalam bahwa hari akhirat itu dekat. Kematian itu sangatlah dekat.


Seolah-olah kita berfikir dan membayangkan bahwa hari akhirat itu adalah esok. Kematian itu sangat dekat dan ia pasti datang. 

Karenanya saat kita membuat sebuah resolusi, sebuah perencanaan, kita harus perhatikan bahwa resolusi itu adalah sesuatu yang dapat mendekatkan diri kita kepada sang Pemilik Hari Esok. Yakni Allah SWT. 

Setidaknya ada tiga tips yang dapat sahabat Mila perhatikan saat akan membuat resolusi. Terlebih jika kita ingin kehidupan kita lebih berarti.

Supaya mudah mengingatnya, Mila singkat menjadi WIB. Diantaranya:

1. Waktu harus diatur dengan baik. 

Waktu adalah modal utama bagi seorang muslim. Hal itu juga merupakan sumber daya yang paling utama dalam kehidupan. Hendaknya kita memandang bahwa kehidupan dunia ini adalah ladang untuk beramal dan mengumpulan bekal. 

Mari buat resolusi yang membuat kita bisa terus istiqomah untuk beribadah kepada Allah dan menjadi wakil Allah di muka bumi untuk memberikan banyak kebermafaaan kepada manusia.

Tentukan untuk belajar, baca buku, olahraga, silaturahim dan mengkaji berbagi ilmu-ilmu yang dapat mendekatkan diri kepada Allah.

Misalnya

a. Sholat tepat waktu setiap hari

b. Menghubungi orang tua setiap pagi

c. Ikut Kajian Islam minimal 1x/pekan

d. Olahraga minimal 1x/pekan

e. Menyimak Kajian Live IG Ustadz Aa' agym setiap pagi

f. Sholat dhuha minimal 2 rakaat setiap hari

g. Baca buku minimal 1 halaman setiap hari

i. Sholat Tahajjud minimal 2 rakaat setiap hari


Apa lagi sahabat Mila? Silakan dituliskan sendiri yaa.

2. Ingat Orientasinya.
Setiap resolusi dan target-target yang sudah kita buat, hendaknya dipersembahkan untuk Allah semata. Bukan karena ingin dipuji atau dijadikan buah bibir di tengah-tengah masyarakat. Jadikan setiap amal-amal kita ini sebagai amal terbaik untuk Allah. 

Mari kita lihat lagi akan pentingnya niat sebelum beramal.

Allah SWT berfirman: 

مَنْ كَانَ يُرِيْدُ حَرْثَ الْاٰخِرَةِ نَزِدْ لَهٗ فِيْ حَرْثِهٖۚ وَمَنْ كَانَ يُرِيْدُ حَرْثَ الدُّنْيَا نُؤْتِهٖ مِنْهَاۙ وَمَا لَهٗ فِى الْاٰخِرَةِ مِنْ نَّصِيْبٍ

Artinya: "Barangsiapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barangsiapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagianpun di akhirat." (QS. Asy Syuro: 20)

عَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Artinya: Dari Umar, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan; barangsiapa niat hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya adalah kepada Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa dia diniatkan." (HR. Bukhari)


Menjaga keikhlasan niat ini harus diawal, ditengah dan diakhir. Semoga Allah memberikan bimbingannya kepada kita untuk selalu menjaga niat.

3. Buat target yang jelas. 

Hendaknya setiap resolusi yang kita tetapkan atau ingin kita capai itu dalam rangka meningkatkan kapasitas diri kita untuk memberi manfaat kepada orang lain. Baik lewat keilmuan yang dimiliki, tenaga, keahlian dan skill yang dimiliki. 

Misalnya:
1. Januari 2022, Mengisi webinar "Keajaiban PowerPoint"
2. Maret 2022, Ikut Ujian sertifikasi Slide Designer 
3. April 2022 Menyempurnakan Separuh Agama
4. Februari, Mei, Juli dan September 2022, Mengadakan Live IG Motivasi 
5. Januari-Desember 2022, One Day One Design
6. Jadi Narasumber Kelas Design minimal di 5 kampus negeri di Indonesia
7. Penghasilan minimal 5juta/bulan
8. Berinfak kepada fakir miskin satu kali/bulan
9. Mengunjungi Tempat Wisata di kota Jawa Barat
10. Silaturahim ke rumah Bibi di Sulawesi
11. Mengadakan free webinar di bulan Ramadhan 2022.

Masih banyak lagi yang bisa sahabat Mila tuliskan.

Teh Mil, aku mah teu mampu menuliskan, gak mungkin ah tercapai.

Aduh! kumaha sahabat mau mewujudkannya, menuliskan aja ndak mampu. 

Hayuk, bismillah tuliskan. Yakini, resapi dan bawa resolusi yang sudah dituliskan itu, ke alam bawah sadar kita. Biarkan Allah yang memberikan jalannya untuk setiap resolusi kita.

Misal kamu mahasiswa semester akhir, ya tulis
1. Januari 2022, Mengajukan Proposal Skripsi
2. Februari 2022, Seminar Proposal
3. Juli 2022, Ujian Skripsi
4. Agustus 2022, Kerja di Lembaga pendidikan Islam terpadu di kota Bandar Lampung
5. Mendapat Beasiswa S2 di pulau Jawa

Masih banyak yang bisa kita tuliskan. Sekecil apapun resolusimu, tuliskan yaa.

Demikian sahabat Mila, Semoga tulisan ini bisa menjadi secercah inspirasi dan referensi buat sahahabat semua dalam membuat resolusi. 

Salam 
Milah Smart
Slide Designer Muslimah

16 komentar:

  1. Terima kasih mbak Mila, tulisan yang sangat bermanfaat. Saya jadi langsung becermin, resolusi 2022 saya, apakah sesuai dengan kebutuhan dan target di tahun 2022.

    BalasHapus
  2. Memang ngga terasa udah awal tahun lagi, dan saatnya evaluasi resolusi tahun lalu yang belum terwujudkan. Semoga bisa jadi pembelajaran menjadi manusia lebih baik dan bermanfaat.

    BalasHapus
  3. Lagi belajar buat menuhin resolusi tiap tahun semoga tahu ini bisa jd manusia yg lebih baik lagi

    BalasHapus
  4. Kadabg suka bingung, kalau sudah ditulis tapi ternyata resolusi untuk masa itu belum tercapai, bagaimana ya?

    BalasHapus
  5. Kadabg suka bingung, kalau sudah ditulis tapi ternyata resolusi untuk masa itu belum tercapai, bagaimana ya?

    BalasHapus
  6. Masalah waktu yang harus diatur dengan baik menjadi salah satu PR saya untuk memperbaiki resolusi di tahun 2022 ini. Bismillah, insyaAllah bisa, ya Teh Mil

    BalasHapus
  7. Sudah dua tahun ini banyak banget resolusi ngga kesampaian karena pandemi. Sekarang malah belajar nahan diri, lebih ikhlas. Duh jadi mau sedih...

    BalasHapus
  8. Mantapp, emang tuh resolusi kalau ngga ditulis bisa jadii ambyar kayak debu ketiup angin, mudah dilupakan lagiii

    BalasHapus
  9. Terima kasih tipsnya kak. Resolusi ini membantu saya untuk terus menumpuk kebiasaan baik

    BalasHapus
  10. Makasih kak artikelnya bermanfaat tuk pengingat diri. Resolusi sebetulnya target perkembangan kita aja, bisa setiap saat dicanangkan klo menurutku

    BalasHapus
  11. semoga kita selalu bersemangat di tahun yang baru, dengan resolusi yang baru, terima kasih sharingnya kak

    BalasHapus
  12. Resolusi membuat kita bisa menjadi lebih baik, dengan target yang harus dicapai. Terima kasih utk sharingnya ya

    BalasHapus
  13. MashaAllah, tersadarkan sama tulisan ini. Semoga bisa ngejalani tips-tips yg kakak kasih. Thank u ya kak tips2nya bermanfaat buatku.

    BalasHapus
  14. Udah nyoba nulis gini dan masya Allah tercapai satu per satu meski ada yang lama, ada yang dikabulinnya mirip-mirip, ada juga yang masih nunggu dikabulin.. makasih tips dan sharingnya Kak

    BalasHapus
  15. no 1 nih yang bener2 jadi PR saya dimana waktu harus diatur sedemikian rupa biar terjadi keseimbangan dalam semua aspek

    BalasHapus