Jumat, 11 Februari 2022

Sehari Jadi Kader Forsip Al-Madani Unand

Bismillah

Assalamualaikum sahabat Mila, pagi ini berkesempatan ikut agenda zoom meeting bersama sahabat  Forsip (Forum Studi Islam Psikologi) Universitas Andalas.

Pertemuan awal sebetulnya tidak terduga. Tadi pagi sekitar pukul 07.00 WIB, Mila buka aplikasi instagram, terus muncul status feed instagram ustadz Akmal Sjafril mengenai agenda yang tercantum. Langsung Mila klik ah linknya (dalam hati membatin) ternyata terhubung dengan akun instagram @forsipalmadani. 




Mila lihat materi-materinya bagus dan sangat dibutuhkan. Walalupun sudah pernah dapat waktu di kampus S1, namun ingin upgrade kapasitas lagi. Cus aja langsung screeshoot itu flayer dan DM ke adminnya.

 

Begini redaksi yang Mila kirim.

 

Assalamualaikum.

Selamat pagi kak. Mohon maaf sudah mengganggu aktivitasnya. Saya Mila dari kota Bandar Lampung.

Izin bertanya, apakah agenda diatas dibuka untuk umum?

Jika diperkenankan, saya mau ikut belajar. Terima kasih atas konfirmasinya.

Salam,

Milah Smart

 

 

Alhamdulillah sama adminya dibalas, dibawah ini jawabannya.

 

Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh kk.

Maaf baru membalas kk.

Boleh kk, silahkan join kk

(plus di kasih alamat tautan link zoomnya)

 

Hatur nuhun, balasku.

 

Langsung Mila bergabung di zoom. Di ruang zoom sudah ada puluhan peserta dan ada ustadz Akmal Sjafril yang sedang memberikan materi. Beliau menjelaskan materi tentang “Keutamaan Dakwah dan Ruhul Istijabah”

Selama kurang lebih 1 jam, ustadz Akmal Sjafril memaparkan salah satu ayat dalam Alqur’an. Yakni Surah An-Nahl ayat 125:

ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ ۖ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ ۖ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

Artinya: “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. An-Nahl: 125)


 

Selain itu, beliau juga menambahkan mengenai keutamaan dan urgensi dakwah. Antara lain:

1.         Dakwah adalah Menjaga peradaban

2.         Dakwah juga dilakukan untuk menjaga azzab Allah kepada hambanya.

“Kalau orang baik tidak mau bergerak, berdakwah, maka Allah akan menurunkan azabnya di bumi. Bukan hanya kepada orang-orang yang berbuat kedzaliman, orang-orang beriman pun akan terkena aktibatnya.” Tutur ustadz Akmal.

3.         Dakwah adalah sarana mengapus dosa dan melipatgandakan nilai pahala.

“Karena kita merasa hamba Allah yang banyak dosa, makanya kita berdakwah, agar Allah mengampuni dosa-dosa kita.” ungkapnya.

Sambil Menyimak materi, Mila searching di google mengenai lembaga Forsip itu lembaga apa. Akhirnya nemu begini di website https://www.kmfkunand.com/:

Forsip (Forum Studi Islam Psikologi) Al-Madani merupakan salah satu KKM (Kelompok Kegiatan Mahasiswa) yang mewadahi aktivitas dakwah kampus mahasiswa/i yang ada di Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Resmi berdiri pada tanggal 19 November 2012 di Kampus Unand Limau Manis, Padang, hingga saat ini, Forsip sudah terdiri atas 9 generasi, yang tahun ini diemban oleh GENERASI AL-AYYUBI.

Waw. MasyaAllah. Ternyata ini bagaian dari lembaga Dakwah Kampus. Semakin cinta deh, sama dakwah ini.  Hehe. Seperti ada latar belakang yang sama.

Mila juga di kampus S1 dulu (UIN Raden Intan Lampung) ikut lembaga dakwah kampus. Kalau di kampus kami namanya UKM Bapinda. Unit Kegiatan Mahasiswa – Bidang Pembinaan Dakwah.

Ketemu mereka di zoom padahal, tapi rasa ukhuwah-nya itu dapat. Terlebih sama kakak admin @forsipalmadani yang ramah dan baik hati. Eaa,

Eitsss, tetap jadi hati tapi. Jangan sampai membuat dir ini jatuh hati hingga terjerumus ke hal yang dibenci ilahi.  Udah kembali ke topik aja yah. Hehe

Intinya sangat bahagia dan bersyukur ketemu dengan sahabat-sahabat dari Forsip (Forum Studi Islam Psikologi) Al-Madani. Semoga pertemuan ini menjadi jalan silaturahim ya, walalupun hanya bertemu di ruang zoom. Barangkali saja suatu saat nanti diantara kita akan saling berkunjung secara langsung. 

Entah Mila yang mengisi seminar atau berbagi ilmu desain grafis ke Padang, atau sebaliknya diantara mereka yang berkunjung ke Provinsi Lampung karena agenda Lembaga Dakwah kampus. Mungkinkah ini juga pertanda bahwa jodoh Aye ada di kota yang wisatanya terkenal hingga ke manca negera? Ah! Sudahlah jangan menghayal jauh-jauh. Kalau jodoh ya enggak kemana. Ups. Bercanda ya sahabat Mila.

 


Oke, kita kembali ke materi yang dipaparkan oleh Ustadz Akmal tadi, ada dua insight yang bisa Mila ambil dan bagikan kepada sahabat semua. Pertama, bahwa hadirnya sebuah lembaga dakwah kampus itu bukan hanya sebagai EO (event organizer), tapi juga harus memperhatikan dakwah bil hal, bangun budaya positif dihadapan masyarakat kampus (khususnya di hadapan birokrasi), bahwa LDK itu bukan teroris. Caranya dengan aktif dan ikut serta dalam memperindah kampus. Misal adakan kerja bakti bersama OB di Kampus dan membangun komunikasi yang aktif juga dengan para penjabat kampus.

Kedua, agar LDK ini tetap eksis di dunia kampus, maka LDK harus hadir dan bisa memberikan kenyamanan kepada setiap kader-kadernya. Pengurus dan kader kader harus membisakan untuk berdiskusi, diskusi apa aja yang membuat kader-kader terlibat aktif dalam prosesnya.

Setiap kader juga diminta untuk menyampaikan dan didengarkan pendapatnya. Hingga muncul “Aku disini dikusi terus, ketemu orang-orang hebat di sini, diterima, didengarkan, dihargai dan dicintai.”. Dengan suasana yang menyenangkan, akhirnya setiap kader pun akan semangat dan terciptanya ukhuwah islamiyah.

Syekali lagi, terima kasih sahabat-sahabat Forsip.  Mila doakan semoga Forsip Al-Madani UNAND bisa menjadi salah satu wadah untuk menlahirkan kader-kader yang HEBAT. Menjadi kader-kader Humble, punya sikap Empati, selalu Bersemangat, Aktif dan senantiasa menjadi Teladan bagi ummat.

Udah itu aja. Ah senangnya : )

Bagi sahabat Forsil yang ingin silaturahim bisa berkunjung ke http://milahsmart.com/ atau ke instagram di @milahsmart

 

Salam,

Milah Smart

21 komentar:

  1. wah aktif sekali ya mbak Mila. semoga ilmunya banyak yang bisa dibagi

    BalasHapus
  2. Kalau dulu pas kuliah, mata kuliah Agama Islam ya cuma ada di semester pertama, setelah itu nggak ada. Sementara nggak dipungkiri tantantan pergaulan di kampus makin besar. Jadi bagus banget memang kalau ada LDK. Supaya bisa saling menjaga saudara saudari sesama Muslim.

    BalasHapus
  3. Semakin berkembangnya Mila menambah silaturahmi bersama teman-teman beda daerah tentunya akan menambah banyak pengalaman

    BalasHapus
  4. wah kereeen semangat terus kak kegiatannya 😁

    BalasHapus
  5. Senang deh sama orang yang gemar mencari ilmu.. semoga bisa membgikan ilmu bermanfaatnya keoada orang2 tercinta ya..

    BalasHapus
  6. Hebat ya kak, sering mengikuti acara-acara yang barokah dan penuh manfaat.
    semangaaat

    BalasHapus
  7. seru acaranya dan banyak informasi serta bisa menjalin silahturahmi dengan teman-teman lainnya

    BalasHapus
  8. Pingin deh agar bisa seaktif kak mila. Namun apa daya ada kesibukan yang gak bisa ditinggalin.

    BalasHapus
  9. Dulu di kampus saya juga ikut LDK dan aktif bikin kegiatan. Kangen rasanya syuro syuro bergembira di masjid kampus sama Temen temen

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah bisa ikut kajian menambah ilmu ya mba Milah. Semoga bisa menambah banyak pengalaman dan bisa ikut berdakwah dan lahir kader-kader hebat.

    BalasHapus
  11. Ternyata Teh Mila seorang aktivis, ya. Mantap nih.
    Semoga semakin diberkahkan ilmunya, teh dan semakin dapat berdaya untuk sekitar, ya.

    BalasHapus
  12. Teh Mila gimana sih cara bagi waktu nulis di blog sama kegiatan seperti ini?

    BalasHapus
  13. Semangat terus buat nuntut ilmu, berdaya dan bermanfaat bagi sesama. Pasti.y semoga berkah dunia dan akhirat. Aamiin

    BalasHapus
  14. Herijo Said: pernah ngerasain kajian di kampus tapi ga jadi aktivis dakwah kampus.

    BalasHapus
  15. MAsyaAllah mba Milla aktif dan semangat sekali....senang lihatnya^^

    BalasHapus
  16. Serunya online sekarang bisa ketemu tokoh-tokoh keren dan dapat ilmu-ilmu mantap lewat layar doang yaaa! Selamat untuk terus belajar kakak~

    BalasHapus
  17. wah seru banget ya kalau kegiatan kuliah di isi dengan hal yang bermanfaat kayak jadi aktivis gitu, semangat untuk menuntut ilmunya kak dan menulisnya

    BalasHapus
  18. Wah, ada materi Ruhul Istijabah, jadi ingat BIT2 di kampus dulu. Memang lembaga Dakwah di kampus itu kehadirannya sangatlah penting.

    Karena tanpa itu, mahasiswa yang ingin mempelajari islam lebih dalam akan kesulitan, karena tidak semuanya ingin belajar dan dekat dengan Ustadz. Tapi ada yang suka bergaul dengan teman sebaya yang satu frekuensi.

    Terima Kasih Kak

    BalasHapus
  19. Serunya kalau kegiatan seperti itu bisa nambah teman, ilmu, dan pengalaman. Apalagi kalau beda keilmuan, jadi bisa nambah wawasan juga nantinya

    BalasHapus
  20. selalu menginspirasi tulisan kak milah, terima kasih sharingnya ya kak, semoga bermanfaat selalu...

    BalasHapus
  21. Keren mba, selain dapat pengalaman kuga dapat pahala barokah . Lanjutkan mba aku padamu

    BalasHapus