Jumat, 11 Maret 2022

Tawakal, Sarana Mendapat Keajaibannya

 

Milah Smart - Keajaiban Tawakal




Bagi mereka yang bertawakal penuh kepada Allah maka Allah akan menghadirkan keajaibanNya kepada mereka. Keajaibannya terkadang tidak dimengerti.


Masih terekam dimemori (tahun 2016 silam) saat Mila dan puluhan calon penerima beasiswa Bank Indonesia di kampus UIN Raden Intan Lampung.


Saat itu puluhan mahasiswa dari jurusan Komunikasi, Ekonomi dan Matematika berkumpul di depan ruang pertemuan (gedung rektorat lama) menggunakan jas almamater, dan berpakaian rapih. Setelah mengisi form wawancara, satu demi satu dari kami masuk ke ruangan untuk bertemu dengan tim Bank Indonesia melakukan wawancara.


Dari sekian pertanyaan yang diajukan oleh tim ada beberapa pertanyaan yang cukup menengangka waktu itu.


"Jamilah, hal apa yang membuat anda akan lulus beasiswa ini?" ujar laki-laki berkacaatayang duduk di hadapan Mila 


"Karena saya cerdas pak, saya mampu mengelola beasiswa yang nanti akan saya dapatkan." jawabku saat itu sambil memagang pena gemetaran.


Memang saat wawancara bukan hanya fisik dan kesiapan menjawab pertanyaa tetapi juga mental yang berani dalam mengadapi medan. hehe


"Owh. Anda cerdas. Tetapi anda tau tidak, ada hal yang membuat akan tidak akan lulus dan ini sifatnya sangat fatal." Ucapkan sambil bernada tinggi.


Dingin AC menjadikan bibirku beku tak mampu membuatku mengerti akan maksud si bapak itu. Mila hanya menggelengkan kepada tanda tidak mengerti apa yang membuat Mila tidak akan lulus.


"Anda lihat ini, nulis tempat tanggal lahir dan alamat salah, gimana kalau anda nanti jadi tim kami. Anda ini tidak teliti. ceroboh!." Si bapak bilang menujukkan salah satu lembar yang tadi Mila isi sambil membentak.


Mila hanya menatap kertas itu dan bilang terima kasih pak atas koreksiannya, akan Mila perbaiki sikap kecerobohan Mila. 


Setelah hampir 15 menit di ruang penuh tantangan itu Mila keluar sambil menangis dan membatin. 

"Ya Allah jika dana beasiswa itu baik untukku dan bisa bermanfaat untuk akhir studiku di kampus ini, aku yakin bahwa aku pasti mendapatkan beasiswa itu atas izinMu. Walaupun tadi sudah ceroboh dalam mengerjakannya."


Dua bulan berikutnya, tepat saat Mila ikut program KKN (Kuliah Kerja Nyata) di desa Punggur Lampung Tengah, Mila mendapat informasi kalau Mila menjadi slaah satu penerima beasiswa BI itu. Alhamdulillah pengumumannya ada di website kampus. 



Mbrebes, tersungkur sujud sama Allah, "Ya Allah terima kasih atas kesempaan juga rezeki yang engkau titipkan."

Dengan penuh kesyukuran, haru gembira menghubungi orang tua di rumah atas kabar baik ini.


Setelah pulang KKN dana beaiswa sebesar Rp6.000.000,- Mila belikan Notebook untuk menyusun Skripsi. Hampir tergiur untuk beli HP tetapi kata orang tua Notebook lebih Mila dibutuhkan saat ini.

Sampai hari ini, notebooknya masih Mila gunakan untuk menulis, berkarya lewat PowerPoint dan digunakan untuk membantu membuatkan mendesain berbagai kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.


Sahabat demikian diantara banyak keajaiban yang Mila dapatkan dariNya. Terus berproses, berusaha, berikhtiar maksimal hingga puncaknya adalah tawakal kepada Allah pemilih dan pemberi rezeki. 


Kita harus bertawakal hanya kepada Allah, sebagaimana Allah SWT dalam Alquran:

وَيَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَيۡثُ لَا يَحۡتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسۡبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمۡرِهِۦ ۚ قَدۡ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىۡءٍ قَدۡرًا

Artinya: dan menganugerahkan kepadanya rezeki dari arah yang tidak dia duga. Siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allahlah yang menuntaskan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah membuat ketentuan bagi setiap sesuatu. (QS. At-Talaq:3)



Milah Smart
Muslimah Presentation Designer & Blogger

________________________________

#milahsmart #motivatormuslimah #muslimahpresentationdesigner #videodakwah #bahagia #bersama #islam #videoinspirasi #inspirasipagi #moodbooster #menjahithikmah

15 komentar:

  1. Wah selamat kak Mila. Tidak ada yang tidak mungkin selama Tuhan mengizinkan. Tetap semangat... 🤗

    BalasHapus
  2. MashaAllah
    Menginspirasi sekali tulisannya. Semoga semakin lancar ya kak kedepannya, apapun yang Kakak cita-citakan dapat tercapai. Karena pelajaran yg dapat saya ambil dari tulisan diatas adalah Tawakal yg pada akhirnya sebagai penentu akan keajaiban yg terjadi.

    BalasHapus
  3. Hwah seneng dengar sosok-sosok yang pernah dapat beasiswa di waktu menempuh pendidikannya. Nanti bisa jadi bahan cerita inspirasi buat sanak-anak didik saya di kelas. Terima kasih, Teh Mil

    BalasHapus
  4. Inspiratif sekali 🙏🏼

    BalasHapus
  5. Makasih reminder nya kak. Memang kita harus terus bersyukur dan bertawakal agar Allah senantiasa memberikan berkah dan rahmat-Nya

    BalasHapus
  6. Luar biasa ya, hal sekecil itu bisa jadi bahan evaluasi dan bisa jadi catatan buat para penyeleksi selain melihat kecerdasan si pencari beasiswa

    BalasHapus
  7. Wah, ternyata kak Mila penerima beasiswa BI juga. Saya juga penerima beasiswa BI kak... GenBI 5.0.

    BalasHapus
  8. Bismillah, segala sesuatu emang kalau digantungkan pada Sang Maha Pemberi Kehidupan insyaAllah hasilnya ngga akan mengecewakan ya kak :)

    BalasHapus
  9. Masyaa Allah, harus selalu tawakkal dan dan bersyukur. Pasal.y semua emang dari Allah

    BalasHapus
  10. MasyaAllah... barakallah ya mbak.... terharu bacanya...menjadi motivasi juga untuk saya yan sedang memburu beasiswa untuk S2

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah, semoga selalu menginspirasi ya, beruntung dapat beasiswa BI dulu, mantap

    BalasHapus
  12. Pilihan tepat ya utk notebook. Karena notebooknya bisa digunakan untuk menulis, berkarya lewat PowerPoint dan banyak membawa manfaat.

    BalasHapus
  13. Tawakal, sangat amat sulit dilakukan. Semoga saya bisa. Semangat bismillah

    BalasHapus
  14. Tawakal, memang sulit dilakukan dan konsisten. Tetapi apabila kita melakukannya dengan sungguh sungguh inshaallah akan bisa dilakukan terus menerus

    BalasHapus
  15. dari judulnya aja udah kayak makjleb banget kak, betul banget saya sepakat, dengan kita setelah berusaha kemudian kita serahkan semuanya kepada Allah alias tawakkal dan penuh dengan kesabaran, maka percayalah keajaiban itu akan datang di waktu yang tepat

    BalasHapus