Senin, 11 April 2022

3 Tips Hadapi Ujian Sekolah

 

Milah Smart - 3 Tips Hadapi Ujian Sekolah


Bismillah, 
Mila ucapkan selamat berjuang untuk adik-adik kelas IX (Sembilan) SMPIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung yang hari ini sedang melaksanakan Ujian Sekolah. 


Terkhusus buat eneng Raisya Ramadha (Arai) sahabat plus guruku dalam dunia kepenulisan. 


Yah, kami di peremukan di SMPIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung. Mila sebagai tim Humas dan dia sebagai siswa. Lucu ya, guru mainnya sama murid. Ndak papa. Mila selalu meyakini seboyan dari seorang tokoh.

"Jika setiap rumah adalah sekolah, maka setiap orang adalah guru" 

Keren ndak tuh, kita bisa belajar dari siapa pun, termasuk murid kita di sekolah.

Awalnya Mila dan Arai (sapaan akrabku)  tidak saling mengenal, Mila memang tau di sekolah ini ada beberapa siswa yang suka dengan dunia kepenulisan, salah satunya dia.

Mila pun baru tau Arai, saat fotonya dikirim oleh wali kelas untuk dibuatkan ucapan selamat dan sukses atau prestasi yang diraihnya. Ia mendapat 1 lomba menulis cerpen tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh mobil baca bang Ade Utami Ibnu tahun 2021 kemarin.

"Oh ini anaknya, keren banget dia. Aku harus kenal nih sama dia." Guamku waktu itu

Mila penasaran sampai akhirnya berkenalan di masjid Daarul 'Ilmi. (kalau ndak salah si) terus menghubungi orang tuanya (Ibu) kebetulan memang setiap orang tua yang mendaftar ke SMPIT-SMAIT Daarul 'Ilmi akan berkomunikasi dengan Mila baik secara langsung maupun melalui nomor humas yang Mila operasikan. 

Mila mulai berkomunikasi dengan dia lewat nomor orang tua, dan meminta izin untuk belajar menulis, sharing tentang ilmu kepenulisan dengan beliau.

Alhamdulillah enam buku sudah Mila terbitkan, dialah orang pertama yang selalu membaca dan mengoreksi tulisanku. hehe. 

Sahabat Mila, kembali ke tips yang harus sahabat Mila lakukan saat menghadapi ujian sekolah. 

Untuk memudahkan Mila singkat menjadi PBB

1. Pelajari lagi setiap materi-materi pembelajaran yang pernah diberikan guru. 
Materi yang dimaksud adalah materi mengenai pelajaran yang akan diujikan.

2. Bersungguh-sungguh dalam mengerjakan soal. 
Tidak akan ada keberhasilan tanpa kesungguhan. Begitupun dengan ujian sekolah. Jika kita ingin mendapat nilai terbaik kita harus bersungguh-sungguh dalam belajar dan mengerjakan setiap soal-soal.  eists,, bersungguh-sungguh juga ya dalam menjaga diri untuk tidak mencontek. 

3. Berdoa. Ini yang penting sahabata Mila. Tanpa pertolongan Allah kita tidak akan bisa mengerjakan soal-soal yang ada di atas meja ini. Setuju ndak?

Selain berdoa kita juga harus meminta restu orang tua ya. Percayalah doa orang tua kita itu tidak ada hijab kepada Allah.  

Hari ini 97 siswa SMP Islam Terpadu (IT) Daarul 'Ilmi Bandar Lampung mengikuti ujian sekolah. Ujiannya dilaksakan pada 11-19 April 2022 mendatang. 

Tak terasa, mereka akan berpisah dengan kita.  Semoga nanti di manapun kalian melanjutkan sekolah, selalu Allah berikan penjagaan terbaik ya. Allah mudahkan dalam belajar dan mewujudkan impiannya. 

Sahabat Mila, SMPIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung adalah salah satu lembaga pendidikan formal berbasis Islam Terpadu (IT) yang tergabung di Jaringan Islam Terpadu (JSIT) Wilayah Lampung.

Sekolah ini beralamatkan di Jalan Bukit Kemiling Permai (BKP) Gang Persada II Kelurahan Kemiling Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar