Jumat, 01 April 2022

Lima Tips Pilih Kampus Terbaik

Milah Smart - Dokumen Pribadi


Setiap tahun menjadi momen istimewa bagi siswa  kelas XII SMA di seluruh penjuru nusantara. Di mana selain mereka mempersiapkan UTBK (Ujian Tes Berbasis Komputer), para siswa juga melakukan berbagai persiapan untuk tes masuk perguruan tinggi.


Tidak jarang juga para siswa ikut bimbel agar bisa masuk ke jurusan di kampus impiannya. Semarak penerimaan mahasiswa baru (PMB) pun diluncurkan oleh setiap perguruan tinggi.

Dari perguruan tinggi negeri, swasta maupun kedinasan bergerak (solialisasi) untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa pada tahun ajaran 2022/2023. Ada jalur undangan, jalur beasiswa,  jalur tes bersama dan mandiri.

Para calon mahasiswa pun sibuk belajar dan menampa diri juga berkonsultasi dengan pihak sekolah lantaran banyak sekali opsi-opsi kampus mana yang terbaik. Kampus merupakan batu bata terpenting dalam sebuah bangunan negara, di tangan para kaum mudalah masa depan bangsa ini ditentukan.

Kampus adalah miniatur sebuah negara dan kawahcandaradimua untuk mewujudkan asa juga cita-cita.

Penulis memberikan lima tips memilih kampus. Agar mudah mengingatnya disingkat LAMPU

1. Lakukan riset. Dalam memilih perguruan tinggi, kita harus melakukan riset ke beberapa kampus untuk mengenal bererapa jurusan yang akan diambil dan prospek pekerjaannya. Jangan sampai kita masuk kampus, yang kita sendiri tidak mengerti akan menjadi apa nantinya.

2. Analis visi dan misinya. Perguruan tinggi yang memiliki visi dan misi yang baik tentu akan mampu menghadirkan kualitas kurikurum pembelajaran yang bagus. Menjadikan lulusan yang professional, mandiri dan inovatif adalah dampaan setiap mahasiswa.

3. Mencari teman dan lingkungan yang baik. Kehadiran teman dan lingkungan juga akan memengaruhi kualitas dan perjalanan studi kita di kampus. Jika kita berteman dengan orang-orang cerdas, penuh semangat, dan memiliki sikap optimis dan siap bekerja keras mewujudkan impian, kita akan menjadi mahasiwa yang pantang menyerah dan siap menerima setiap tantangan.

Begitu pun sebaliknya, saat kita bergaul dengan teman-teman yang hanya menghabur-hamburkan dana dari orang tua, hedon, kita akan memiliki mental pengecut, loyo dan hidup mengalir seperti air. Bergerak tanpa adanya motivasi dan kegigihan.

4. Pastikan kampus yang kita ambil ini mampu menghantarkan kita menjadi kaum cendekiawan yang santun, berprestasi dan memiliki karakter pahlawan.

5. Utamakan doa dan restu dari kedua orang tua. Agar perjalanan belajar di dunia kampus diberikan kemudahan, kelancaran dan keberhan, kita harus senantiasa meminta dan mengutamakan doa restu orang tua.

Milah Smart adalah salah satu lulusan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung. Saat kuliah, ia mengambil jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2013. 

Saat ini Mila bekerja sebagai Tim Humas Yayasan Sekolah Islam Terpadu (SIT) Daarul 'Ilmi Bandar Lampung.

13 komentar:

  1. Restu orang tua itu memang sesuatu yg menentukan keberhasilan kita ya kak. Kunci keberhasilan lah pokoknya restu ortu terutama ibu.

    BalasHapus
  2. Wah keren LAMPU ya Kak? 5 tips ampuh yang akan memudahkan mereka memilih kampus. Karena ini memang langkah awal bagi para Mahasiswa dalam memilih tujuan hidup akademiknya.

    Terima Kasih Kak.

    BalasHapus
  3. Bener banget nih doa dari orangtua kadang yang terlupa ya kak, padahal penting banget ini

    BalasHapus
  4. yes, setuju riset penting banget. sedikit menyesal dulu nggak melakukan riset. aku asal aja ngeliat PTN mana yang terkenal dan akeditasinya bagus. ujungnya nggak keterima dan nyasar di kampus lain haha 😁

    BalasHapus
  5. Wah, singkatannya mantap. LAMPU
    tapi memang memilih jurusan kuliah itu enggak kaya mikir beli baju, karena kuliah pasti akan dibawa dalam jangka panjang. Terima kasih kak Mila.. 🥰

    BalasHapus
  6. Salah satu hal yang salah lakukan ketika riset adalah melihat akreditasi kampus dan prodinya..🖐

    BalasHapus
  7. ini penting banget buat yang mau masuk kampus ya kak, dulu saya juga waktu mau masuk kuliah seperti itu, banyak pertimbangan

    BalasHapus
  8. Minat dan restu orang tua penting banget, liat juga instansi dan prodinya sudah terakreditasi...

    BalasHapus
  9. Banyak yang ambil jurusan kuliah asal masuk dan nggak nganggur. Ini bakalan sulit jalaninnya. Tulisan yang mencerahkan, Teh :)

    BalasHapus
  10. Penting banget nih kak buat anak muda yang kadang jiwanya masih labil. btw itu kalau disingkat jadi LAMPU ya? Jadi gampang keingetnya

    BalasHapus
  11. Semoga dengan "Lampu" dapat menerangi pengetahuan kita dalam memilih kampus yang tepat agar tidak salah jalan di masa depan.

    BalasHapus
  12. mengetahui apa yang diminati merupakan hal yang penting, agar tidak salah jurusan, restu dan doa orang tua juga jangan lupa.

    BalasHapus
  13. Tipsnya bermanfaat banget nih. Lagi pada bingung milih jurusan, kudu baca ini biar makin yakin sama pilihannya.

    BalasHapus