Jumat, 01 Juli 2022

 Dosen UMPRI, Pengenalan Media Pembelajaran Kurikulum Merdeka 

 

Sebagai seorang pembelajar guru membutuhkan berbagai jenis media untuk mendorong siswanya belajar salah satunya penggunaan media pembelajaran. Menindaklanjuti hal tersebut, tim dosen dari Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) Lampung melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pengenalan Media Pembelajaran untuk Mendukung Kurikulum Merdeka”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Juni 2022 yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Pringsewu Utara yang bekerjasama dengan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3. 



Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 yang masuk pada aspek adaptasi teknologi. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru di SD Negeri 1 Pringsewu Utara. Kegiatan ini dimulai dari sosialisasi kurikulum merdeka dan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung kurikulum merdeka. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan media pembelajaran serta penggunaannya.

Adapun tim PKM ini terdiri dari Robia Astuti, M.Pd., Nurmitasari, M.Pd. dan Binti Anisaul Khasanah, M.Pd. serta seluruh mahasiswa peserta Kampus Mengajar Angkatan 3. Dalam kegiatan ini Robia Astuti, M.Pd. menyampaikan materi tentang media pembelajaran berbasis aplikasi online. Beliau lebih lanjut menjelaskan mengenai media yang mendukung kurikulum merdeka, apa itu media berbasis aplikasi online, contoh aplikasi untuk membuat media berbasis aplikasi online diantaranya kahoot dan wordwall, serta  membimbing peserta PKM membuat game pembelajaran dengan wordwall .

Selanjutnya Nurmitasari, M.Pd. menyampaikan materi mengenai penggunaan e-book dalam kegiatan pembelajaran untuk mendukung merdeka belajar. Selanjutnya beliau juga mendemonstrasikan pembuatan e-book interaktif berbasis flippdf corporate edition. Materi dilanjutkan oleh Binti Anisaul Khasanah, M.Pd. Beliau menyampaikan tentang penggunaan alat peraga dalam mendukung kurikulum merdeka. 


Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa dalam kurikulum merdeka walaupun penggunaan teknologi harus tetap dikedepankan, namun tidak boleh meninggalkan alat peraga yang berupa fisik yang biasa digunakan oleh guru sebelumnya. Guru tetap dapat mengikuti perkembangan IPTEK dengan membuat alat peraga fisik berbantuan teknologi atau memanfaatkan teknologi untuk mendemontrasikan alat peraga tersebut dengan cara menggabungkannya pada game digital maupun e-book pembelajaran.Tutupnya. 

Kepala UPT SD Negeri 1 Pringsewu Utara Bapak Rizky Willy Pramono, S.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para guru untuk meningkatkan kinerjanya dalam pembelajaran dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Lebih lanjut beliau juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh tim PKM dan mahasiswa KM 3 dan berharap akan ada kegiatan serupa dikemudian hari sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar