Jumat, 19 Agustus 2022

Rektor UMPRI Lepas 335 Mahasiswa KKN

 

Dokumen - UMPRI


Rektor Universitas Muhammadiyah Pringsewu Drs. H. Wanawir AM, MM., M.Pd secara resmi melepas 335 mahasiswa dalam rangka mengikut kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tahun 2022. Pelepasan yang ditandai dengan pelepasan balon dilakukan di halaman kampus setempat, Jum’at (19/8)


Dalam amanatnya, Rektor UMPRI menyampaikan berbagai nasihat sebagai bekal mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu selama proses kuliah di pekon atau desa lokasi KKN masing-masing. Diantaranya adalah titik point kegiatan KKN bukan hanya menggugurkan kewajiban mata kuliah yang harus ditempuh, tetapi bagaimana mahasiswa dapat memberikan kontribusi nyata di tengah-tengah masyarakat melalui ide, ilmu, dan pemikiran sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing.


“Mahasiswa harus mampu meninggalkan catatan baik ditengah-tengah pekon/desa tempat KKN dengan menghasilkan program-program yang bermanfaat untuk masyarakat, jadi bukan hanya sekedar datang absen tanpa menghasilkan kontribusi apapun”, terangnya.


Selain itu, rektor UMPRI juga berpesan pentingnya menjaga nama baik almamater selama proses KKN, karena setiap tindak-tanduk dan tingkah laku mahasiswa baik dalam  bermasyarakat tentu kan berdampak pada penilaian masyarakat terhadap mahasiswa terlebih kepada almamater yang dibawanya.


Sementara itu, Ketua Pelaksana KKN UMPRI Tahun 2022 Dr. Sofwan Adi Putra, M.Pd.Kons mengatakan bahwa tahun ini setidaknya ada 35 pekon di Kabupaten Pringsewu menjadi tujuan kegiatan KKN yang bersifat tematik.


Sebelumnya, para peserta KKN telah mendapat pembekalan tentang gambaran masing-masing pekon yang akan dituju, dan tentu saja yang tidak kalah penting adalah mahasiswa juga telah dibekali tentang bagaimana melakukan pemetaan program yang berpotensi dapat dilakukan di masing-masing lokasi KKN.


“Insya Allah mahasiswa telah kita bekali dengan keilmuan yang cukup, kemudian bagaimana bersikap dalam tata masyarakat, dan yang tidak kalah penting adalah bagaimana para peserta KKN dapat melihat potensi di masing-masing pekon yang dapat dikembang melalui program-program selama kegiatan KKN, tentunya dengan didampingi oleh Dosen Pendamping Lapangan masing-masing”, jelas Sofwan.


KKN UMPRI tahun 2022 akan dilaksanakan selama kurang lebih selama 40 hari mulai tanggal 22 Agustus sampai 30 September 2022.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar