Rabu, 16 Agustus 2023

IDR, Tiga Kunci Menjadi Pribadi Merdeka

 

Milah Smart 

Sahabat Mila, Hari ini, 17 Agustus 2023, seluruh rakyat Indonesia merayakan peringatan ulang tahun ke-77 Republik Indonesia. Tanpa Terkecuali. Tua, muda, laki-laki, perempuan bahkan balita pun diajak untuk merayakan. Beberapa diantara para ibu mengendong putra/i nya yang masih bayi untuk hadir dan menyaksikan berbagai perlombaan yang digelar di daerahnya.

 

Lembaga pendidikan berbasis Negeri, Swasta dari Pondok Pesantren, maupun berbasis Islam Terpadu (IT), tidak mau melewatkan momen istimewa ini. Belasan lomba digelar. Dari lomba Futsal, makan kerupuk, senandung kemerdekan lomba futsal hingga balap karung juga selalu menjadi sajian utama dalam menu perlombaan. 

Milah Smart

Namun, sahabat Mila, apakah diantara kita sudah betul-betul memahami arti sebuah kemerdekaan itu? 

Benarkah diri kita sebagai warga negara sudah betul-betul merdeka? 

Benarkah kita sebagai pribadi yang berketuhanan yang Maha Esa sudah benar-benar merdeka dari kebebasan dalam beribadah?

Benarkah kita sebagai generasi muda sudah benar-benar menjadi pribadi yang merdeka dari ketetgantungan dari orang lain?


Sahabat Mila, jadilah pribadi yang merdeka. Pribadi yang merdeka adalah pribadi yang memiliki 3 hal ini dalam dirinya. Agar mudah dipahami, Mila singkat menjadi IDR. Berikut penjelasannya:


- Integritas

Pribadi yang meredeka adalah pribadi yang memiliki integritas tinggi. Nilai kejujuran menjadi satu sifat yang diwariskan oleh para pendii bangsa ini. Tidak akan pernah ada peradaban tanpa kejujuran dan tidak ada kejujuran maka tidak ada sebuah peradaban


Integritas yang tinggi akan melahirkan semangat, optimis, tidak takut melangkah dan selalu menjadi pelopor kebaikan di manapun ia berada.


- Disiplin

Pribadi yang meredeka adalah pribadi yang  disiplin.  Sikap disiplin akan melahirkan rasa tanggungjawab, berani, mengatur waktu dengan baik dan mampu mengatur dirinya dengan baik dan selalu tangguh.


- Relasi

Pribadi yang meredeka adalah pribadi yang memiliki relasi. Konteksnya bukan banyaknya relasi yang kita meliki, tetapi seberapa kualitasnya relasi yang kita miliki. Dengan zaman yang serba ada, informasi bisa diakses disegala penjuru, maka mencari relasi yang sehat, relasi yang saling mendukung dan relasi yang saling memberi inspirasi adalah hal penting yang harus kita pertimbangkan.


Sebagai anak bangsa kita harus mengisi ruang-ruang kemerdekaan dengan sebaik-baiknya. Karena di pundak anak-ana bangsa lah, masa depan NKRI ini akan ditentukan. 


Tiga hal diatas (Integritas, Disiplin dan Relasi) akan menjadi penopang agar dirinya senantiasa meningkatkan kapasitas dirinya.

Selalu bergerak dengan membawa nafas kebaikan dan perbaikan. Baik secara intelektual, Sosial maupun Spiritual.


Tiga hal diatas (Integritas, Disiplin dan Relasi) adalah benih utama menjadi seorang pemimpin (Leader) yang pada akhirnya membawa perubahan bagi diri, keluarga, bangsa dan agama.


Mari, tempa diri kita dengan hal-hal yang menumbuhkan kepedulian kepada sesama. Hidupkan hati kita dengan nilai-nilai kebinekaan dan jadilah pribadi yang senantiasa berjiwa Pancasila dan merapkan nilai-nilai UUD 1945 dalam pergaulan.


Dirgahayu Republik Indonesia ke-79


Salam,

Milah Smart

Trainer Pemberdayaan Diri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar