Senin, 24 Agustus 2020

Yuk Belajar Desain di PowerPoint



        Assalamualaikum Warohmatullahi wababrokatuh..
Saabat Milah Smart apa kabar? semoga selalu sehat dan selalu produktif ya. 

        Nah! Pada kesempatan kali ini, Mila akan berbagi mengena ilmu desain.
Sejak tujuh tahu yang lalu (2013) Mila menggeluti dunia desain grafis. Awanya pakai Corell Draw, Photoshop dan juga master desain lainnya yang digunakan untuk desain grafis. Namun, di tahun lalu (tahun 2019) Mila dipertemukan dengan salah satu guru (beliau dari kota Bandung Jawa Barat) mengisi kursus Desain PowerPoint.

        Hah! Emangnya bisa kak? bisa atuh. Yuk geh ikutan. Nanti juga kamu tau gimana hasilnya. Berawal dari rasa penasaran/kepo gitu ya, Mila daftar. Waktu itu daftarnya mahal juga sih. Biaya nya ratusan ribu. Mila bilang ke beliau kalau uang Mila ndak cukup. "Kak, Uang Mila ndak mencukupi untuk bayar uang registrasinya?"Ya udah ndak papa, dibayar setengahnya dulu." Beberan kak? Iya. Akhirnya Mila bayar 50% dulu dan di beberapa pekan berikutnya baru bisa dilunasi. 

        Alhamdulillah, kurus selama satu pekan ini membuahkan hasil. Mila sering komunikasi dengan beliau dan sampai dapat bimbingan kurang lebih satu bulan. Sejak saat itulah Mila selalu mengasah skill desain di PowerPoint. Tapi tidak berarti Mila juga meninggalkan corelldraw dan photoshop ya. Bagi Mila mereka  semua sahabat digital. hehe. 

        Untuk lebih jelasnya, Mila akan bagikan beberapa manfaat belajar desain PowerPoint dibandingkan dengan yang lainnya. Berikut penjelasnnya:



1. Dikenal lebih banyak orang, karena banyak penggunanya.
        Jaman sekarang, Mila yakin semua orang punya laptap. Khusunya yang ada di kota-kota yang sudah cukup maju. Baik digunakan untuk kebutuhan kantor maupun sebagai kebutuhan sehari-harinya. 
Apalagi masa pandemi ini, semua serba online.

2. User Friendly dan fitur-fiturnya mudah digunakan.
        Ada banyak Tolls di PPT ini yang bisa kita gunakan untuk mendesain. Sekalipun kita adalah seorang desainner pemula, kita bisa gunakan. Nanti kita bahasa di praktiknya. Bagimana memasukkan objek ke dalam kotak dan lainnya.

3. Bisa digunakan untuk segala kebutuhan desain secara lengkap
        Misalnya, Flayer agenda, promosi produk, undangan digital, cover buku dan lainnya

4. Hasil kita yang menentukan
        Waw ini amazing. Sahabat Mila, hasil kita yang menentukan itu bukan dalam artian kita yang mendahului tuhan ya. Sebagai contoh, saat kita mau mendesain itu kita diajak untuk buat konsep desain dulu dan dengan konsep itu kita sudah bisa membayangkan seperti apa hasilnya. Mulai dari warna desain, font desain hingga dalam bentuk apa karya ini kita inginkan (gambar ataukah video)



        Ok. Lanjut ya.
        Ternyata skill desain lewat PPT ini juga merupakan skill yang harus kita miliki di era digital.
        
Kenapa betegitu Mil? Iya. Hampir semua produk di dunia hari ini menggunakan jasa desain grafis maupun video.

        Kemudian, lewat desain PPT ini juga kita bisa mengasah kreatifitas dan juga membangun branding.

        Lebih lagi membuka peluang usaha.  Alhamdulillah sejak Desember 2019, Mila selalu ada yang meminta membuatkan jasa desain. Baik itu lembaga secara resmi maupun perorangan. Bahkan sejak 1 Januari 2020, Mila diminta untuk menggarap desain berbagai kegiatan dari salah satu Motivator yang di Lampung. 

        Dan baru saja tadi siang (Senin, 24 Agustus 2020) setelah sholat dzuhur, Mila dihubungi (via telpon) oleh salah satu pihak YBM Perusahaan Listrik yang ada di Provinsi Lampung, untuk memberikan materi mengenai desain (kursus selama lima kali pertemuan) kepada karyawannya. InsyaAllah pertemuan pertama dimulai pekan ini (Sabtu, 29 agustus 2020) Doakan ya...



    Terus apa bedanya dengan yang lain? 


1. SARUA/SAMA.
        Hampir semua komputer/laptap/notebook ada windowsnya. Kemudian di dalam Windows itu ada Office nya. Bener ya



2. AMAZING
        Ternyata kualitas mendesain di PPT dan di master desainnya lainnya sama..
Mila perna buktikan ini saat Mila buat beberpa kali Banner erukuran 1x4 meter sampai 2x4 meter. hasilnya sama . Jernih, Bersih dan cerah. 

        Sejak saat itu, kalau mau buat banner kegiatan pakai PPT. Mudah dan tidak berat saat file mentahnya disimpan. Jadi kalau ada kebutuhan banner tiggal edit tulisannya.



3. MUDAH
        Dalam aplikasi PPT ini juga ada banyak tols (seperti yang Mila sampaikan di atas). Ada Teks art, image import, amination import, video import dan lainnya. Sehingga karya yang kita buat terlihat sangat menaik dan hidup.


4. ALWASY UPDATE
        Selalu update. Tapi jangan menyerah ya Walaupun kita masih microsoft 2010 atau 2013 ata 2016 kita masih bisa berkarya ko.Kuncinya Mau belajar dan berkreatifitas.



        Nah! Selama tiga hari kedepan, kita akan belajar besama dan akan bereksplorasi dengan mudah dan menyenangkan. 

        Terimakasih sudah membaca  
 
Salam,
Milah Smart
Slide Designer Muslimah

2 komentar:

  1. Iya di era digital gini perlu mempelajari sedikit ttg desain grafis ya, Mba. Minimal pakai aplikasi microsoft. Biar ga palai kertas2 lagi.. Xixixi

    BalasHapus
  2. ya betul mbak Ade.
    Terima kasih atas dukungannya

    BalasHapus