Jumat, 15 September 2023

Diapit Dua wanita Hebat

 

Dokumen Milah Smart


Assalamualaikum sahabat Mila, apa kabar?

Lama banget ya Mila ndak pos tulisan di blog. Mila juga kangen banget sama sahabat pembaca semua. Semoga dalam keadaan sehat dan berbahagia yah.


Hampir satu bulan ini kosong, ndak ada uploan di blog. Menejemen waktunya yang lagi berantakan. Astagfirullah. Hanya share tulisan dan video di akun insiagram aja. Hasil review buku, tulisan hikmah dan lainnya pun hanya mangkrak di draff laptap. Mudah-mudahan kedepan bisa dirapihkan dan diupload ke blog lagi ya.


Oh ya sahabat Mila, setiap kali kita silaturahim, pasti kita akan mendapatkan satu dua hal. Baik itu pengetahuan, penguatan diri atau juga hal-hal lain. Sebagaimana yang Rasul sampaikan bahwa banyak sekali keutamaan silaturahim.


Nah, pada kesempatan yang baik ini, Mila akan share saat Mila silaturahim ke dua sosok wantita hebat diatas. Keduanya adalah kakak beradik.


Mila salut dengan persaudaan dan ikatan keluarga diantara mereka. Semoga Mila juga bisa menjadi kakak yang mengayomi adik-adiknya.


Yuk Mari kita simak lebih dalam lagi. Selamat membaca ya. hehe


Mila perkenalkan yang ada di sebelah kanan dulu yah. Namanya Nurhasanah, M. Psi. Psikolog. Kami biasa menyapa dengan panggilan Bibi Nur.


Ia. Paman kami (Paman Hasubullah) menikah dengan beliau. Dari Paman dan Bibi, kami juga banyak belajar. Khususnya perjuangan paman saat menempuh pendidikan S1 sampai S3.


Di keluarga besar kami, Paman memang menjadi panutan dan semoga terus Allah bimbing untuk senantiasa dalam keistiqomaahan. Aamiin ya Rabb


Kembali ke istrinya, Bibi Nur. Beliau adalah seorang Psikolog Klinis dan seorang dosen di salah satu perguruan tinggi yang ada di kabupaten Pringsewu, provinsi Lampung.


Bu Nur (sapaan akrabnya) adalah founder Lembaga pelayanan jasa psikologi. Nama lembaganya Insight Consulting. Jangan lupa follow akun instagramnya ya.


Lembaga Insight Consulting adalah salah satu lembaga yang menawarkan jasa lembaga psikologi baik sifatnya individu, kelompok, perusahaan maupun untuk institusi pendidikan seperti sekolah dan yayasan pendidikan.


Sasaran utama dari jasa & layanan lembaga konsultan psikologi ini adalah anak, orangtua, karyawan perusahaan baik swasta maupun BUMN, pegawai negeri sipil/PNS, serta siswa dan guru sekolah mulai jenjang sekolah TK SD SMP SMA hingga PT. Sampai sejauh ini, kami fokus pada perkembangan orangtua dan anak serta kasus-kasing klinis dewasa.


Buat sahabat Mila yang mau konsultasi dan sedang mencari Psikolog, Mila rekomedasikan ke Insight Consulting aja ya. Foundernya ramah, tulus humble dan bersahabat.


Dari beliau, Mila belajar banyak hal. Terutama mengenai dunia psikolog dan penerapannya dalam kehidupan keseharian. Dari bagaimana mengelola emosi, seni berinteraksi, pola pengasuhan, sampai sharing seputar gangguan mental. 


Mila juga senang banget, karena waktu silaturahim dapet hadiah buku. Judulnya Psikologi Suami Istri. Eaa. Pas banget. 


Ko pas banget Mil? Iya. InsyaAllah beberapa pekan lagi, Mila akan melangsungkan pernikahan dan akan menjadi seorang istri. Doakan ya. Semoga lancar dan Allah berkahi pernikahannya.


"Ini teh Mila, buku untukmu. Bibi punya dua. Dibaca, dipelajari yah. Biar tau dan memahami seperti apa Psikologi pasangan kita nanti." ujarnya saat menghadiahkan buku itu. 


MasyaAllah, mata Mila berbinar kalau lihat buku. Lihat buku aja, mataku bisa berbinar-binar., apalagi lihat wajahmu. Eaa. Eh! malah kesana. Udah ah. Kembali ketema awal :)


Iya, Mila senang banget kalau lihat buku, ditambah judulnya yang cihuy. Semoga menjadi wasilah keberkahan keluarga. Aamiin.


------------------

Kemudian, Ibu cantik berjilbab Hijau yang ada di sebelah kiri Mila ini, namanya Mutmainnah, M.Si. Bu'de Mut (sapaan kami) beliau adalah kakaknya Bibi Nurhasanah.


Mila baru kenal beberapa pekan lalu. Waktu itu Mila lagi ada agenda di Pringsewu dan menginap di rumah Bibi Nur. Kebetulan hari Ahad-nya ada agenda "Dongeng Akbar" yang menghadirkan kak Bimo. Sahabat Mila tau kak Bimo kah? kalau belum tau sheaching di google aja ya.


Lanjut. Masjid yang mengadakan "Dongeng Akbar" itu adalah Masjid Al Al Mabrur Pringsewu. Kebetulan, Bu'de Mut merupakan Ketua Bidang Kemuslimah Al Mabrur Masjid Al Al Mabrur Pringsewu. Cocok!


Agendanya rame banget, Dihadiri ribuan anak-anak dari berbagai penjuru kabupaten Pringsewu. Mila hadir pas di akhir agenda penutupan.


Setelah itu dikenalkan langsung sama Bu'de Mut (sama bibi) dan Mila izin sekalian meliput agendanya. Disanalah Mila ngobrol dan berbagi nomor WA. 


Awalnya kikut, grogi, karena baru pertama meliput sendirian. Biasanya kalau hadir meliput, turun ke lapangan Mila diundang dulu dan ada komunikasi sebelum agenda dimulai. Tapi jadi sesuatu banget. Pembelajaran bahwa seorang Jurnalis itu harus siap dengan kemungkinan-kemungkinan yang akan dihadapi di depannnya.


Qadarullah (Sore di hari yang sama) Bu'de Mut dan suaminya main ke rumah Bibi dan waktu itu Mila sama adek mau pamit pulang ke Bandar Lampung. 


Singkat cerita,,,,  akhirnya Cekrek!!!! kita foto banget deh.


Dari Bu'de Mut, Mila belajar tentang dua hal. Semangat belajarnya yang tinggi dan senantiasa jadi penggerak.


Bagaimana tidak, setelah lulus dari jurusan THP, Polinela, beliau melanjutkan studinya di Institut Pertanian STIPER Yogyakarta. Karena tertarik di dunia Psikologi, akhirnya Bu'de Mut belajar lagi ilmu Psikologi di Pasca Sarjana UMS Surakarta.


Luar biasa! Kebayangkan sahabat Mila. Udah jadi isteri, jadi ibu, kuliah, ngerjain tugas, belajar, dll. Disiplin, Kesungguhan dan Komitmennya pasti terjaga ini. Kalau Bu'de ndak komitmen dengan keputusannya, ya ndak akan ada hasil seperti yang sekarang kita lihat.


Kebayang juga kan, keluasan ilmunya Bu'de. MasyaAllah Bu'de. Semoga Allah berkahi ilmunya ya Bu'de. 


Bu'de Mut juga adalah seorang penggerak. Ciri khas dari seorang aktivitis pergerakan, biasanya ia akan selalu bergerak memberikan kebermanfaatan di manapun ia berada.


"Ya kan dulu, bergeraknya di dunia kampus, sekarang bergerak di masyarakat." ujarnya


Selain menjadi seorang istri, aktif di masyarakat, beliau juga senang berwirausaha. Jadi Entrepreneur. Buat sahabat Mila yang mau cari pakaian, cari kain, baju gamis, sampai sarung dan mukena, bisa langsung berburu ke toko Zahrah Olshop ya. Harga pas di kantong, kualitas terjamin.


----------------------

Ya. Keduanya adalah wanita hebat. Mampu menjalankan dua peran. Yakni menjalankan peran ranah domestik dan peran di ranah Publik. Keduanya seimbang dan menurut Mila, semua tidak akan pernah bisa dijalankan tanpa ada dukungan dari suami, anak-anak dan keluarganya. Terlebih lagi pertolongan dariNya.


Bukankah pada sahabat wanita, sahabiyahnya Rasulullah SAW yang sudah dijamin masuk surga pun begitu? Taat kepada suami, Menjadi ibu yang penuh kasih sayang, warga yang ramah, menjadi cahaya dan membimbing ummat? 


Sahabat Mila, semoga kita pun termasuk didalamnya ya. Dijadikan dan diberikan kesempatan oleh Allah untuk belajar dan beramal di dunia yang fana ini.


-----------------


Yuk kita doakan, semoga Bibi Nur dan Bu'de Mut selalu sehat dan senantiasa Allah berkahi aktivitasnya. Aamin Allahumma Aamiin.


Sahabat Mila boleh ketik di kolom komentar ya, kalau-kalau ada yang mau nitip pertanyaan untuk Bibi Nur atau Bu'de Mut.


Salam,

Milah Smart


------------------------------

Yuk follow Instagram Milah Smart untuk dapat Motivasi dan Inspirasi lainnya.


👉@milahsmart

👉@milahsmart

👉@milahsmart


Terima kasih sudah mendukung Milah Smart.


------------------------------

#milahsmart #motivatormuslimah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar