Kamis, 18 November 2021

Muslimah Sang pemimpi Penuh Prestasi dari Tanjung Balai

        Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,

Sahabat Mila, pasti setiap kita pernah punya impian. Karena impianlah yang membuat diri kita terus bergerak. Karena impian juga yang membuat kita terus berlatih, berbenah dan berusaha mencapai kesuksesan.


Nah pada kesempatan kali ini Mila akan mengajak sahabat semua untuk mengenal sosok Muslimah dari Balai yang punya banyak prestasi. KaruniaSambas namanya.

 

Karunia Sambas


Pertemuan kami berawal dari agenda Tapis Blogger di beberapa bulan kemarin. Waktu itu Mila diminta untuk jadi narasumber webinar PowerPoint. Nah beliau ini hadir dan ikut agendanya. Sampai pada ahirnya kenal dan kami saling save nomor.

Mila selalu meyakini bahwa “Setiap orang yang Mila temui pasti ia punya sejuta inspirasi.” Hal itu pun terbukti bahwa sosok Karunia Sambas memiliki banyak inspirasi.

Bagimana tidak! Gadis yang berprofesi sebagai ASN tenaga kesehatan di salah satu instansi di Kota Kerang, Tanjungbalai, Sumatera Utara ini mengisi waktunya dengan membaca dan menulis.

Baginya, menulis adalah Laksana terapi. Menulis adalah obat yang harus selalu Karunia Sambas dapatkan setiap saat dan selalu iabutuhkan. Pasalnya rutinitasnya yang akrab dengan pasien membuatnya harus terus berusaha menjaga kesehatan mental.

Kecintaannya dalam dunia menulis, ia tuangkan dalam berbagai bentuk karya. Mulai dari ikut kompetisi kepenulisan, menulis buku anak dan anthologi juga buku solonya.

Sebagai penulis dan blogger pemula, Mila menjadikan mbak Karunia Sambas ini sebaga guru penuh teladan. Semoga saja beliau mau menerima Mila sebagai muridnya ya. Hehe.

 


Kembali kepembicaraan tadi bahwa mbak Karunia Sambas ini sangat mencintai dunia literasi. Saat ditanya apakah ada waktu khusus untuk menulis (dihubungi via Wtasapp) beliau mengatakan bahwa dirinya tidak memiliki jadwal khusus dalam menulis.

Inspiratif banget kan? Ndak punya jadwal aja bisa melahirkan segudang buku. Masyaallah pokoknya. Baru ini Mila bertemu dengan sosok tenaga medis yang punya hobi menulis.

Yuk kita tilik beberapa buku solo yang pernah beliau tulis. Diantaranya:

1.      Lord Didi The Godfather of Sobat Ambyar (2020) Scritto Books

2.      Peluang Usaha Milenial di Masa Pandemi Covid-19 dengan Aplikasi Pixellab (2021) CV. Bina Pustaka

3.      Yuk, Cuci Tangan Pakai Sabun! (2021) CV Arya Duta

4.      Hamil Sehat Dan Bahagia [sumber elektronis] (2021) Metagraf

5.      Menjadi Astronot: Kumpulan Cerita Anak Tentang Profesi (2021) Yrama Widya

Selain buku solo, kita juga rilik beberapa karya buku anak dan buku anthologinya ya. Antara lain:

 

Karunia Sambas


1.     Antologi Puisi Bangkitlah Pejuang Mimpi Kumpulan Puisi Membangkitkan Motivasi (tahun 2013)

2.     50 Besar Karya Terpilih Lomba Menulis Dongeng Anak KSAN (tahun 2016)

3.     Antologi Cerita Anak karya Komunitas Durasi Markurius (tahun 2020)

4.     Aku Cinta Jajanan Khas Indonesia (tahun 2020)

5.     Lord Didi The Godfather of Sobat Ambyar (tahun 2020)

6.     Antologi Kumpulan Dongeng Bagaimana Nasib Boo (tahun 2020)

7.     Rahasia Hapalan (tahun 2020)

8.     Ensiklopedia Hewan Laut Mengenal 32 Jenis Hewan yang Ada di Lautan (tahun 2020)

9.     Lord Didi The Godfather of Sobat Ambyar (tahun 2020)

10.  Peluang Usaha Milenial di Masa Pandemi Covid 19 dengan Aplikasi pixellab (tahun 2021)

 
Karunia Sambas


Waw! Amazing pisan euy. Bagi sahabat Mila yang masih penasaran dengan sosok beliau, cus. Mangga berkunjung ke blog nya langsung aja ya. Klik www.karuniasambas.com yakin bin percaya deh, sahabat semua pasti dapat banyak inspirasi.

Kenapa Mila berani bilang begitu, karena setiap aktifitasnya direkam dalam blognya. Isinya adalah jejak-jejak impian Karunia Sambas tentang dunia literasi dan dunia pribadi.

Menurut penuturannya, Karunia Sambas merintis dunia blog sejak tahun 2013 silam. Kemudian baru mentapkan diri dan memakai domain TLD pada bulan Juni 2020 kemarin.

Bagi Kaunia Sambas, menjadi seorang blogger adalah menjadi hamba Allah yang penuh manfaat.

“Tulisan kita bisa menemui pembaca yang lebih tepat, menjadi solusi dari problem yang mereka ketikkan di mesin pencari.” Ungkapnya


Selama berinteraksi dengan karunia Sambas, ada banyak hal yang Mila bisa ambil. Diantaranya:

1.        Santun

Yup. Beliau memiliki pribadi yang santun. Walau berdarah Sumatera, beliau termasuk orang yang santun dan lembut saat berbicara. Mila memang belum pernah bertemu secara langsung ya. Namun sejauh ini selalu intens berkomunikasi. Sharing-sharing tetang dunia kepenulisan maupun tentang dunia desain grafis

2.      Penuh impian dan semangat

Jarang banget Mila menemukan sosok Muslimah yang degan sebegitu banyak aktifitasnya di dunia pekerjaan, masih sempat menulis dan berbagi inspirasi di media sosialnya. Karunia Sambas ini ingin menjadi insan yang berdaya.

“Selalu bisa berdaya menjadi ibu Rumah Tangga, Tenaga Kesehatan, Penulis, Bloger.” pungkasnya

Yuk kita doakan semua Seorang muslimah yang menginfakkan diri dan jiwanya melalui dunia kesehatan ini menjadi salah satu hambaNya yang dimuliakan di dunia ya dan bisa berkeliling Indonesia untuk membagikan inspirasinya.

Bagi sahabat Mila yang ingin menjalin silaturahim dengan Karunia Sambas bisa membuka akun media sosial di bawah ini ya.

Facebook: Karunia Sylviany Sambas

Instagram: @karuniasambas

Twitter: @karuniasambas

Youtube: Karunia Sylviany Sambas

Surel: karuniasylvianysambas@gmail.com

 

Salam bertemu di tulisan Mila selanjutnya ya.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Salam,

Milah Smart



19 komentar:

  1. Bersyukurnya punya teman yang inspiratif mbak.. Inspiratifnya juga bisa nular ke orang.. 🥰🥰

    BalasHapus
  2. waw keren banget banyak bukunya
    apalah aku ini yang masih ada waktu luang tapi belum bisa bikin buku solo hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat kak. Sama-sama belajar yaa. Mila doakan semoga tahun depan bisa menerbitkan buku solo

      Hapus
  3. Masyaa allah.
    Menulis bisa juga jadi ladang pahala ya dengan menebarkan kebaikan dan juga jadi pilihan yang baik untuk perempuan seperti kita ini yang punya 20.000 kata per hari yang harus disalurkan. Hehe salam kenal mba milaa. Thanks for sharing 😁

    BalasHapus
  4. Nah ini, apapun profesinya kalau sudah suka menulis ada saja jalannya. Semangat mba

    BalasHapus
  5. Herijo Said: Impian adalah penggerak bagi kita untuk menggapai masa depan. seperti kisah 3 sahabat Nabi Muhammad yang mengikrarkan impiannya di balik bayangan Ka'bah dan semuanya dikabulkan oleh Allah.

    BalasHapus
  6. Masyaa Allah, semoga saling menyemangati dalam menulis

    BalasHapus
  7. eh saya visit ke karunia ada kursus dapet 30 juta dari blog dong. bikin penasaran aja, tapi udah lewat waktunya. 30 juta 30 juta 30 juta . . . .

    BalasHapus
  8. waaa keren ya mba karunia, buku yang sudah diterbitkannya banyak, produktif sekali, semoga semangatnya menular nih ke saya :)

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah, bertemu orang yang menginspirasi lagi ya ka mila, semoga kita dapat tertular akan inspirasi dan motivasi nya, Aamiin.

    BalasHapus
  10. inspiratif sekali ... Dan seperti Kak Mila tuliskan di atas ya, bahwa setiap orang yang ditemui pasti mempunyasi sejuta inspirasi, setuju banget saya dengan ini Kak, siapun orangnya pasti punya kisah inspiratif dalam hidupnya ya Kak. Wah, termasuk teman Kak Mila ini ya, sesama blogger ya, penulis juga, karya-karyanya udah berderet ma syaa Allah kerennya, motivasinya juga bisa jadi penyemangat.

    BalasHapus