Sabtu, 24 Juni 2023

Raker SIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung Tahun Ajaran 2023/2024

Milah Smart - Raih Penghargaan dari Yayasan Daarul 'Ilmi Bandar Lampung

Kemarin (23/6/2023) Mila dan empat teman guru mendapat penghargaan dari Yayasan Daarul 'Ilmi Bandar Lampung. Sebetulnya penghargaan ini di tahun lalu, bertepatan dengan hari Guru Nasional 2022. Tetapi karena satu dan lain hal, akhirnya baru sempat diberikan di momen raker tahun ini. 

Sahabat Mila, SIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang ada di Jalan BKP Gang Persada II No. 37 Kelurahan Kemiling Raya, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung.


Yayasan Daarul 'Ilmi Bandar Lampung memiliki dua unit. Yakni SMPIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung dan SMAIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung. Mila sendiri masuk dan belajar di sekolah ini tahun 2017, bertepatan dengan SMAIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung dioperasikan. Kalau SMP sudah sejak tahun 2008. 


Salah satu inspirasi Alquran yang dibawa saat momen Rapat Kerja (Raker) di Sekolah Islam Terpadu Daaru 'Ilmi Bandar Lampung tahun ini adalah surah at-Taubah ayat ke 105. Berikut ayat dan artinya:


وَقُلِ ٱعْمَلُوا۟ فَسَيَرَى ٱللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُۥ وَٱلْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَٰلِمِ ٱلْغَيْبِ وَٱلشَّهَٰدَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya: Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan." (QS. At Taubah: 105)

Raker SIT Daarul 'Ilmi tahun 2023

Tahun ini, agenda raker yang diadakan selama lima hari (19-23 Juni 2023) bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pembelajaran pada tahun 2023/2024 mendatang.

Raker SIT Daarul 'Ilmi tahun 2023

Raker menjadi kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap semester dan wajib diikuti oleh Seluruh SDM di SIT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung.


"Raker ini penting agar seluruh SDM terampil dalam memberikan pelayanan kepada siswa, orangtua, dan tamu yang hadir ke sekolah serta sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas lembaga yang unggul dan bersaya saing." begitu kata Koordinator Kepala Sekolah (KKS) Drs. Hafizul Muzarli.


Raker yang dimulai pukul 07.30-15.30 WIB ini menghadrikan kak Hasan Ashari sebagai Narasumber. Hasan, sapaan akrabnya merupakan M
aster NLP (Neuro Lingustik Programming) dan Founder FOREST, Hutan Inspirasi Lampung


Mila sendiri pernah bertemu di sebuah forum, sekitar agustus 2021 lalu. Dikenalkan oleh guru Mila. Bang Adian Saputra. Tidak menyangka kedua kalinya dipertemuan di sekolah. Beliau pun masih kenal dengan Mila.


Di sela-sela materi, Kak Hasan sempat menyapa Mila, kebetulan jarak duduk kami berdekatan. Mila duduk di depan disamping meja narasumber.


Seruu, penuh inspriasi dan keren banget adalah tiga kata yang mewakili pembelajaran bersama kak Hasan. 


Kak Hasan Menyampaikan materi "menjadi Guru Unggu." Diawali dengan sebuah kisah sebagai pengantar materi. Cerita Analogi penuh makna dari Jhon, Jeck, Bos dan Perusahaan Samangka yang membuka pola pikir dan perlahan menampar diri. Semoga sahabat Mila semua bisa tau ya kisahnya. 

Raker SIT Daarul 'Ilmi tahun 2023


Selain itu, kak hasan juga membagikan 4 tips guru unggul. Ia singkat menjadi ABCD Formula. 
Yakni AHA, Benefit, Contohnya, dan Dengan Demikian.

AHA adalah sesuatu yang baru, penting, menarik dan solutif.

Benefit adalah tombol motivasi. Karenanya saat kita memberikan materi di kelas kita harus mencantumkan apa benefit yang didapatkan dan kenapa kita penting belajar materi tersebut.

Contohnya. Saat menjelaskan materi, kita sebagai seorang guru harus memberikan contohnya.

Dengan Demikian, artinya memberikan kesimpulan yang membuat mereka tercerahkan dan termotivasi untuk melakukan. 

"Hal penting dari keempat formula diatas adalah harus memiliki best role dan menjadi role model bagi segenap masyarakat di sekolah. Baik guru, siswa maupun orang tua siswa."kantanya

Kak Hasan juga mengatakan bahwa guru itu seperti pion. Pion itu kecil dan sering diremehkan, tapi selalu berjalan kedepan dan tidak melihat ke belakang. Jika sampai kotak terakhir, pion bisa berubah jadi apapun.

Kak Hasan meyakini, seorang guru yang unggul harus siap untuk mengupgrage kapasitas dirinya. Walau Hanya 1% setiap hari. Jika dikumpulkan maka dalam satu tahun akan 37,78%. Keren kan?


Menakjubkan lagi adalah, ada 5 karakter buruk yang harus dihindari, jika ingin jadi guru unggul. Kak Hasan menyingkatnya dengan kata SETAN. Apaan tuh?


Pertama, Suka menyalahkan. Kedua, Ego sendiri yang dikedepankan. Ketiga, Takut dalam mencoba dan berinovasi. Keempat, lasannya banyak, dan kelima, suka nunda-nunda pekerjaan. Hindari hal ini sekarang juga!

Mila sebagai Humas di sekolah ini, terus berlatih, berkomunikasi, berkolaborasi dan memantaskan diri agar program kerja kedepannya lebih berdampak dan dapat dirasakan oleh semua warga sekolah.

Raker SIT Daarul 'Ilmi tahun 2023

Merancang konten, dokumentasi, publikasi dan bergerak sebagai pelayanan eksternal tentu membutuhkan bekal yang cukup dan kualitas yang mumpuni. Karenanya, terus belajar, berlatih, dan upgrage kapasitas diri menjadi sebuah kebutuhan buat Mila.

Raker SIT Daarul 'Ilmi tahun 2023

Alhamdulillah, sudah hampir 7 tahun, Mila diberikan kesempatan untuk berproses di Yayasan Daarul 'Ilmi Bandar Lampung.

Terima kasih kepada ustadz-ustadz yang selalu memberikan dukungan, doa dan teladan kepada Alfakir.


Terima kasih juga Mila ucapkan kepada setiap guru, rekan kerja, siswa dan orang tua siswa yang telah memberikan kesempatan kepada Mila. Banyak belajar dengan apa-apa yang dialami. "Guru terbaik itu adalah pengalaman." begitu kata orang bilang. 


Sahabat, insyaAllah di lain kesempatan Mila akan share beberapa nasehat pimpinan di bidang Humas ya dan apa saja sebetulnya skill yang harus dimiliki oleh seseorang di bidang Humas. Khususnya Humas sekolah.


Salam,

Milah Smart

Tidak ada komentar:

Posting Komentar