Minggu, 04 September 2022

Milah Smart Narasumber Public Speaking UKM Bapinda

 

Dokumen - Milah Smart

Bandar Lampung - Milah Smart, pendiri Mila Training Center (MTC) memberikan materi seputar public speaking, kesalahan-kelalahan saat berbicara, tips berbicara di depan umum, mengelola grogi saat berbicara di depan umum, pada Seminar Motivasi UKM Bapinda UIN Raden Intan Lampung. Ahad, 4 September 2022.


Diikuti lebih dari 50 peserta dari berbagai jurusan di kampus setempat, pelatihan ini bertujuan menumbuhkan kepercayaan diri saat berbicara di depan umum, dan mengetahui berbagai tips menjadi mahasiswa bertalenta.


Mila, demikian sapaan akrabnya, mengatakan, berbicara adalah seni menyampaikan pesan kepada orang lain dengan cara yang baik dan setiap orang bisa berbicara di depan umum. 


"Bahkan tanpa kita sadari, sebetulnya kita sudah belajar berbicara sejak dalam kandungan ibunya." ujarnya.


Mila menjelaskan, public speaking adalah salah satu skill yang harus dikuasai oleh setiap mahasiswa dan generasi milenial.


"Tercatat dalam Data Survey National Association of Colleges and Employers, USA pada tahun 2022, (disurvey dari 4457 pimpinan) Diantara yang dianggap penting dalam dunia kerja adalah kemampuannya dalam berkomunikasi."


Mila juga memberikan tips agar percaya diri saat tampil berbicara di depan umum.


Pertama, buat catatan konsep mengenai point-point yang akan disampaikan. Kedua, latihan dengan cara berbicara di depan cermin, di depan camera atau di depan teman-teman. Ketiga, cari mentor untuk memberikan arahan dan bimbingan agar lebih berkembang. 


"Ukm Bapinda adalah salah satu wadah bagi teman-teman mendapatkan tiga hal diatas." ungkapnya


Selain Milah Smart, dalam kegiatan yang digelar pada Sabtu, 3 September 2022 ini juga menghadirkan Reika (Sekretaris Umum UKM BAPINDA 2022) yang memberikan materi seputar tips menjadi mahasiswa bertalenta.


Agenda yang mengangkat tema "Being a Public Speaker & Talented, It’s My Dream" ini diharapkan bisa membawa dampak positif bagi setiap peserta yang mengikuti sebagai wadah pembelajaran dan peningkatan skill dalam diri.


Teripisah, salah satu peserta seminar, Sekar Wahyu Robiyah, (mahasiswi jurusan Sosiologi Agama, Fakultas Ushuludin dan Studi Agama) mengungkapkan dirinya dapat memahami materi yang disampaikan narasumber.


"Senang, rasanya fun banget. Materi yang disampaikan juga mudah dipahahami dan relatedable sama keseharian, jadi bisa langsung diterapkan. Seru pokoknya." kata dia.

UKM Bapinda adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang ada di kampus UIN Raden Intan Lampung. Saat ini UKM Bapinda dinahkodai oleh Andrian Yazid Ar Rizqy sebagai ketua umum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar