Minggu, 02 Oktober 2022

Perdana, Jadi Pemateri di UKM Hiqma UIN Raden Inatan Lampung

Dokumen - Milah Smart

Assalamualaikum. Apa kabar sahabat Mila? Semoga selalu sehat dan bahagia. 
Kemarin (Ahad, 2 Oktober 2022) bertepatan dengan hari Batik Nasional tahun 2022, Mila diminta sahabat UKM Hiqma UIN Raden Intan Lampung. Mila berbagi ilmu desain grafis. Karena Mila berprofesi sebagi Muslimah Presentation Designer, maka misi yang dibawa adalah "Membuat konten desain lewat PowerPoint."


Dokumen - Milah Smart


Pertama tentu sangat berbahagia bisa berkesempatan mengisi, sharing bersama sahabat-sahabat Ukm Hiqma. Mila salut dengan anggota-anggota di ukm ini pinter ngaji dan qori-qori'ah. Tahun 2013 siam (saat Mila masuk UIN) juga Mila ikut daftar di Ukm ini. Tetapi karena banyak kesibukan dan Mila juga kerja, Mila ndak aktif dalam proses pembinaannya. hihi


Dokumen - Milah Smart


Ada tiga hal, setidaknya yang melatarbelakangi, kenapa Mila mengajak sahabat peserta untuk membuat desain di PowerPoint. Diantaranya:

A. Generik
Taukah sahabat bahwa setiap laptap/notebook/PC dilengkapi dengan Microsoft PowerPoint. 

B. Netral
Ternyata fitur-fitur yang ada di PowerPoint sangat mudah digunakan. Sekalipun dengan orang yang mau belajar atau pemula.

C. Tols-nya sangat ramah
Mila, kayak orang aja, sangat ramah. Iya beneran. Bukan hanya fitur yang mudah digunakan. Asalkan ada kemauan dan kesungguhan dalam belajar. Apa yang perlu disulitkan? Begitupun dengan aplikasi PowerPoit.

Mila pertama kali belajar desain itu pakai Coreldraw (tahun 2013 silam) dan tahun 2019-sekarang, hijrah ke PowerPoint.

Tahun kedua dan tahun ketiga dari hijrah ke PowerPoint, Mila ikut pembelajarannya secara daring. Hingga di 2022 awal, Mila ikut ujian dan lulus sebagai Certified Slide Designer Practitioner (mendapat gelar C.SD)

Seiring berjalannya waktu Mila juga mendirikan lembaga pembelajaran Slide Desain lewat PowerPoint. Namanya SKS (Slide Ku Sehat) Jadi bukan hanya fisik narasumber ketika menyampaikan yang sehat, tetapi slide yang ditampilkan pada layar LCD atau proyektor juga harus sehat, menarik dan mengesankan.

Dokumen - Milah Smart


Pada pembelajaran kelas desain kemarin, ada lebih dari 30 orang ikut serta dalam pelatihan ini. Kabar dari panitia, ternyata yang jadi peserta bukan hanya mahasiswa dari UIN Raden Intan Lampung saja, tapi juga diikuti oleh berbagai mahasiswa/i di perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Provinsi Lampung. Wah! masyaAllah. 

Terharu! terima kasih ya sahabat Hiqma atas kesempatan yang diberian ini. Buat Mila ini sebuah penghargaan. Karena belum pernah Mila diundang ke Ukm-ukm di UIN Raden Intan Lampung selain di Ukm Bapinda. 

Mila memang punya mimpi bisa berbagi ilmu desain ke minimal 5 kampus negeri di Indonesia.

Kalau di Lampung sendiri, Mila punya target untuk bisa mengisi pelatihan desain slide presentasi di lingkungan pegawai dinas pendidikan, karyawan dan dosen di perguruan tinggi serta sebagai sekolah tingkat SMP-SMA se provinsi. 

Sampai saat ini masih seringnya membuatkan slide presentasi yang digunakan para tokoh-tokoh dan pimpinan di Lampung saat mereka tampil sebagai narasumber. Alhamdulillah ini sudah bahagia. Walapun orangnya belum pernah masuk ke kantor (misalnya) tapi Slide Presentasinya digunakan disana.


Semangat ya sahabat Hiqma, terus belajar dan belajar. Karena tidak ada keberhasilan tanpa ada perjuangan dan kesungguhan. 


Sampai bertemu di pemelajaran selanjutnya ya. 

Salam,
Milah Smart

Tidak ada komentar:

Posting Komentar