Jumat, 12 Mei 2023

Dua Macam Kebodohan

 

Dua Macam Kebodohan - Milah Smart


Assalamualaikum, apa kabar sahabat Mila, semoga senantiasa dalam kebaikan dan keberkahan.


Sahabat Mila, setiap kita tentu ingin menjadi orang-orang yang pintar dan tidak ada yang mau menjadi bodoh. Benar begitu ya. Bahkan Mila yakin, tidak ada satu pun orang tua bercita-cita bahwa kenal anak-anaknya menjadi anak yang bodoh, justru mereka menginginkan dan memimpikan keturunan yang lebih cerdas dan berilmu dari mereka.

 

Namun sahabat Mila, kalau merujuk kepada sebuah kitab. Nama kabitabnya ”Al-Akhlaq ws As-Siyar karya Imam Zahabi. Buku ini memuat tentang biografi dari para sahabat Nabi Muhammad SAW, tabiut, tabiin dan ulama Muslim.

 

Dalam kitab ini disebutkan bahwa Ibnu Hazm (seorang sejarawan Islam dan ahli Fiqih asal Spanyol) mengungkapkan bahwa ada dua jenis kebodohan seorang manusia. Kebodohan ini menjadikan manusia jadi hina dan lebih hina dari seorang Iblis

 

Apa saja dua jenis kebodohan itu?

Pertama, alasan orang yang berbuat keburukan bahwa “si fulan tela mengerjakan keburukan itu sebelumnya.”

 

Kedua, seseorang menganggap remeh keburukannya hari ini “karena ia telah berbuat keburukan itu kemarin” atau ia melakukan keburukan dalam satu hal karena ia telah berbuat keburukan dalam hal lainnya.”

 

Beliau (Ibnu Hazm) mengatakan “Saya tidak melihat iblis lebih bodoh dan lebih buruk dan lebih dunggu diripada dua kalimat diatas.”

 

Apa yang menjadi bahaya sahabat Mila? Pada akhirnya dua kalimat diatas akan terus menjadi alasan agar seseorang itu mudah untuk berbuat buku.

 

Bahasa sedehananya “orang mereka aja begitu biasa aja. Kita yang begini yang bearti wajar.” atau “kita ini cuman segini, lha merek banyak banget.”

 

Hingga pada akhirnya setiap keburukan-keburukan yang dilakukannya itu dikategorikan keburukan yang dimaklumi, dianggap kebiasaan dan tidak sama sekali dianggap penyelewengan.

 

Sahabat Mila, semoga Allah senantiasa membimbing kita dalam setiap langkah. Aamiin Allahumma aamiin

 

Salam,

Milah Smart

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar