Minggu, 07 Mei 2023

MGMP, Empat Kunci Membersamai Adek


Dokumenasi Milah Smart

Alhamdulillah kemarin (7/5/2023) Mila dan keluarga berkesempatan untuk hadir dan membersamai agenda Pelepasan adek Mut Mainnah di SMA IT Daarul Ilmi Bandar Lampung. Ummi, Abi dan adek Zakiyah sampai dari kampung halaman (Tanggamus) ke Bandar Lampung hari Sabtu. Tepatnya satu hari sebelum adek pelepasan.


Dokumenasi Milah Smart


Tak terasa, ternyata udah tiga tahun kami bersama. Ya. Sejak 2019 silam adek Imut (biasa disapa) tercatat sebagai siswi SMA IT Daarul 'Ilmi Bandar Lampung. Diantara tujuan Mila mengajak adek sekolah bersamaku di Bandar Lampung adalah untuk menjadikannya lebih semangat dalam belajar, memiliki lingkungan yang positif dan semakin dekat dengan RabbNya.


Dokumenasi Milah Smart


Selain adek Imut, di Bandar Lampung Mila juga tinggal bersama dua adikku. Lukman Hakim dan Fatimah Azzahra. Lukman tinggal di masjid dan Fatimah tinggal bersamaku. Sekarang, keduanya masih menyusun tugas akhir di kampus UIN Raden Intan Lampung. Doakan ya. Semoga mereka cepat lulus dan wisuda S1. 

Dokumenasi Milah Smart


Banyak hal yang telah Mila dapatkan selama membersamai ketiga adikku. Jelasnya Mila belajar tentang bagaimana menjadi seorang kakak dan Ibu buat mereka. Eaa. Nah! Akan Mila bagi beberapa hal yang Mila lakukan selama membersamai mereka. 


Agar mudah mengingatnya sahabat Mila ingat saja kata "MGMP" Berikut penjelasannya


1. Menjadi pendengar yang baik.

Sebagai seorang kakak, Mila harus menjadi pendengar yang baik buat mereka. Setelah itu aku ajak, untuk berdiskusi, terutama kalau ada hal-hal yang perlu diluruskan dan dikuatkan.


2. Giat dalam Belajar

Mila selalu berusaha untuk giat dan semangat dalam belajar. Khususnya di dua tahun pandemi. Betul-betul membuat bingung dan sangat khawatir kalau mau keluar rumah, terancam fisik dan jiwanya. Semua aktivitas kerja, kuliah, sekolah dilakuksan secara daring. 24 jam aktivitas Mila juga di perhatikan oleh mereka.


Selama pemberajaran daring, setelah jam kerja selesai, manfaatkan untuk memperdalam skill di bidang desain grafis. Mila mengambil sertifikasi slide designer. Dua tahun belajar (dari level basic hingga advance). Biidznillah 2022 kemarin Mila akhirnya ikut ujian dan menjadi satu-satunya perempuan di provinsi Lampung yang mendapat gelar nonakademik C.SD (Certified Slide Design Practitioner) 


Masih di tahun yang sama, Mila juga mengambil sertifikasi statement analysis (C.SA) belajar ilmu graphology (Ilmu analisa tulisan tangan) ikut kursus kelas parenting, ikut kelas jadi Isteri dan Ibu juga kelas-kelas lainnya yang menurut Mila penting buat kehidupan di jenjang selanjutnya. 


Ikut komunitas desain grafisn komunitas menulis, dan disana bertemu dengan orang-orang profesional di berbagai bidang yang ada di penjuru nusantara. 


3. Melibatkan Allah

Buat Mila ini yang paling penting, senantiasa melibat Allah dalam setiap perjalan aktivitas kita. Mila gak akan mampu mengurus tiga adek yang beda-beda karakter dan sifatnya tanpa pertolongan Allah dan juga doa-doa orang tua. 


Saat Mila capek, Mila bilang ke Allah "Ya Allah aku capek. Ya Allah bimbing aku dna adik-adikku, berikan ketenangan dan kesabaran kepad kami. Ya Allah pokoknya jangan tinggalkn aku yah."


Mila juga selalu minta doa kepada Ummi dan Abi juga teteh. Cerita dan minta saran juga masukan kalau lagi ada hal-hal yang belum bisa diresponse. 


4. Pandai bersyukur

Satu hal yang harus selalu aku lakukan adalah aku harus pandai menjadi kakak yang bersyukur. Karena jika aku aku bersyukur maka adik-adikku pun akan mensyukuri apa yang ia dapatkan. Aku bahagia dan sangat bersyukur karena pandemi menjadi momentum buatku bertumbuh menjadi pribadi yang lebih bersyukur dan lebih baik lagi. 


Aku sadar bahwa hanya orang-orang yang bahagia yang mampu membahagiakan orang lain. Bahagia tentu dimulai dari bagaima aku menyukuri setiap keadaan yang Allah tetapkan dalam hidupku. 

Dokumen Milah Smart


Barokallah untuk Adek Imut yang sudah dilepas, apapun yang telah adek capat sekarang, kami sangat mensyukuri. Adek hebat, Adek pintar, adek sholeh dan kami bangga padamu.


Itu saja sahabat Mila yang bisa disampaikan. Sebetulnya rumus MGMP ini bisa diterapkan dengan siapapun kita berinterkasi. baik dengan adik kita, teman kita, pasangan kita dan anak-anak kita nanti. eaa. 


Semoga bermanfaat

salam,

Milah Smart

Tidak ada komentar:

Posting Komentar