Kamis, 28 Oktober 2021

Empat Kunci Menghadapi Ujian Kehidupan


Milah Smart

Sahabat Mila dalam hidup ini, setiap orang di dunia ini pasti punya ujian kehidupan yang berbeda-beda. Misal kita sebagai seorang mahasiswa. Ada yang Allah uji dengan kekurangan biaya kuliah, belum bisa bayar uang kontrakan, ndak ada uang untuk beli sayuran, mau kerja kelompok harus iuran sekian puluh ribu, diundang teman untuk hadir tasyakuran wisuda, sementara kita ndak pegang uang seperserpun. Pernah mengalami? 

Teman seangkatannya di kampus sudah pada lulus S1, sedangkan kita masih disini-sini aja. Sudah berangkat pagi-pagi ke kampus, hujan-hujanan, Eh ternyata kagak kuliah, dosennya kagak masuk.

Skripsi tidak digarap, penelitian skripsi tertunda, bimbingan skripsi dicoret-coret terus. Ditinggal sahabat menikah, ditikung dari belakang dan lain-lainnya.  Ayo cung! siapa yang mengalami hal diatas. Hehe. Senyum dulu atuh neng:)


Sahabat, tau ndak yang paling berbahaya banget itu ketika diri kita pun bermasalah dengan diri kita sendiri. Lah! Ko bisa Mil? Ia bisa atuh. Misal, dia bingung, hari ini mau ngerjain apa, mau kemana, mau menyelesaikan apa. Dia enggak tau setiap harinya harus melakukan apa aja. Ah! pokonamah bingung weh. Bahkan dia enggak tau cara menyelesaikan masalahnya ini harus seperti apa.

Waktunya dia habiskan untuk lihatin instagramnya, ada yang like dan komentar ndak dipostigan terbarunya. Sedikit-sedikit mengeluh, pake bilang Allah itu gak adil sama aye.  Neng, aa, hayu sini. Merenung sejenak dan tanyakan dalam diri. Apa sebetulnya yang kamu cari dan ingin perjuangkan dalam hidupmu.

Ingat! saat masalah hidup datang menyapamu, hal itu adalah bukti kalau Allah itu sedang rindu kita. Rindu kumaha mil? Iya rindu kamu mengeluh, mengadu dan berdoa juga meminta pertolongannya ke Allah.

Seorang Dr. 'Aidh al-Qarni (penulis buku Menjadi Wanita Paling bahagia mengatakan) bahwa "Pada setiap ujian yang engkau hadapi, ada kelembutan (kasih sayang) yang Allah titipkan kepadamu."

Oke. Disini Mila akan share empat kunci menghadapi masalah hidup. Diantara:


1.      Senang memandang masalah

Coba kita perhatikan kisah berikut ini ya, Suatu hari Absullah bin Abbas, (salah satu keponakan Rasulullah SAW) sedang melakukan perjalanan. Saat itu diberitahukan kabar kepadanya tentang kematian putrinya. Bagimana sikapnya? Diapun segesrap turun dari untanya dan shalat dua rakaat sambil berkata “Alhamdulillah! Allah telah berkenan menutup auratnya, memberi pahala dan menyiapkanya bekal.” Kemudian dia kembali ke atas punggung unta dan melanjutkan perjalanan. Sepanjang perjalanan ia selalu melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an. 

“Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu." (Al- Baqarah:45)

Dan begitu pula dengan Urwah bin Zubair ketika hendak diamutasi salah satu kakinya ia menolak diberikan obat penghilang rasa sakit (seperti obat bius). Dia tetap bersyukur masih ada satu kaki yang utuh.

 

2.      Hadapi Masalah dengan Senyum!

Salah satu ciri orang sukses adalah senang memandang masalah. Kok bisa? Karena baginya masalah adalah tantangan. Dengan masalah yang ada, hal itu akan menumbuhkan sikap kritis, inovativ dan bangkit dan mencari solusi.

Hidup tanpa maslah cenderung membuat orang jadi stagnan, tidak tumbuh dan berkembang, maka berbahagialah! Karena kita sedang tumbuh dan berkembang.

Dalam sebuah hadist yang pernah Mila baca (saya tapi lupa riwayat siapa). Kurang lebih cuplikannya begini “Perumpamaan orang Mukmin itu seperti pohon. Semakin pohon ini tinggi menjulang, maka semakin keras pula terpaan angin menggoyang dan memaksa untuk tumbang.”

3.      Masalah adalah Penebus Dosa

Dengan kita memiliki masalah, kita akan belajar dari kesalahan, dosa, maksiat dan sejarah kelam masa lalu. Allah swt., sedang menunjukkan dosa untuk berbenah. Itulah yang disebut tarbiyah illallah.

Maka hadapilah masalah dengan penuh kesabaran, sebab jika kita mampu bersabar atas ujian yang kita hadapi sekarang ini, itu semua akan mengugurkan dosa-dosa kita.

 

4.      Masalah (Ujian) adalah Pengangkat Derajat

Semakin besar permasalahan atau ujian yang kita hadapi, maka menunjukkan semakin tinggi pula derajat kita. Bukanlah semakin tinggi pohon, semakin tinggi pohon, maka semakin kuat pula terpaan angin untuk menumbangkannya. Sebagimana Rasulullah saw., bersabda:

“Orang yang paling berat ujiannya adalah para nabi, kemudian orang-orang saleh, kemudian yang sesudah mereka secara berurutan berdasarkan tingkat kesalehannya. Seseorang akan diberikan ujian sesuai dengan kadar agamanya. Bila ia kuat, ditambah cobaan baginya. Kalau ia lemah dalam agamanya, akan diringankan cobaan baginya. Seorang mukmin akan tetap diberi cobaan, sampai ia berjalan di muka bumi ini tanpa dosa sedikit pun." (HR Bukhari).


Demikian sahabat Mila empat kunci menghadapi ujian kehidupan.
Semoga Allah senantiasa membimbing kita dalam setiap langkah meniti jalan menuju ketaatan.

Salam, 
Milah Smart
Slide Designer Muslimah & Training Facilitator

Tidak ada komentar:

Posting Komentar