Selasa, 25 April 2023

8 Doa Tentang Keluarga Dalam Alquran

 

Milah Smart - 8 Doa tentang Keluarga dalam Alquran


Assalamualaikum sahabat Mila, semoga dalam keadaan sehat dan berbahagia.


Sahabat Mila, keluarga adalah pondasi awal sebuah peradaban. Seorang tokoh dan konselor pernikahan bernama Cahyadi Takariawan mengatakan bahwa “Membangun peradaban Islam dimulai dari membangun keluarga yang senantiasa menegakkan tauhid. Dari sanalah kemudian lahir keluarga Islami."


Tentu memiliki keluarga yang saling mencinta dan menyayangi karena Allah, saling memberi semangat untuk berprestasi dalam beribadah juga tegaknya adab-adab yang menyangkut kehidupan keluarga di dalam rumah ditegakkan dengan baik adalah impian semua orang. Termasuk juga impian Mila. Walaupun belum ada difase ini.

 

Nah, hal paling penting juga yang harus dijaga agar keluarga tetap terjaga adalah doa. Saling mendoakan antara orang tua dan anak. Mila merasakan sekali bahwa Mila sampai dititik sekarang ini tidak lain karen doa-doa dari kedua orang tua Mila.

 

Mila ingat saat awal diterima di kampus UIN Raden Intan Lampung (tahun 2013 silam) ummi bilang bahwa “Rezeki Mila berarti di kampus UIN ya dek. Ummi doakan semoga Allah mudahkan dalam belajarnya dan Allah pertemukan dengan orang-orang yang baik juga Allah berikan penjagaan terbaiknya untuk meraih impian.”

 

Pada saat itu Mila belum bisa menerima, karena Mila ingin kuliah di kampus Unila. Ala kulli hal, hampir empat semester dilewati dengan biasa aja. Hingga akhirnya doa-doa ibu itulah yang membuat Mila pada akhirnya semangat belajar, ikut organisasi belajar bertumbuh dan mengupgrade kapasitas diri. Sampai Mila mendapat nilai terbaik di tiga semester berikutnya dan dapat beasiswa bergengsi di kampus. Lulus juga dengan predikat terbaik. Alhamdulillah


Sahabat, Mila ingin mengajak sahabat semua bahwa kasih sayang dan cinta keluarga (khususnya Ayah/Ibu) adalah bukti nyata dari kasih sayang Allah kepada kita.


Disini Mila akan share diantara bayak doa-doa yang senatiasa ummi dan Abi Mila panjatkan untuk anak-anaknya. Sehingga agar mudahnya Mila rangkum saja menjadi delapan. Semoga kita semua bisa mengamalkan satu doa diantara delapan doa dibawah ini ya. Diantaranya doanya adalah:

 

Pertama, Surah Al Baqarah: 128

رَبَّنَا وَٱجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَآ أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلتَّوَّابُ ٱلرَّحِيمُ

Artinya: "Ya Rabb kami, jadikalah kami berdua sebagai orang yang tunduk patuh kepada-Mu dan jadikalah di antara cucu kami umat yang tunduk patuh kepada-Mu" (QS. Al-Baqarah: 128)


Kedua, Surah Al Imran: 38

قَالَ رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Artinya: "Ya Rabb, berilah aku sisi-Mu seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar do’a. (Al Imran: 38) 

 

Ketiga, Surah Ibrahim: 35

وَإِذْ قَالَ إِبْرَٰهِيمُ رَبِّ ٱجْعَلْ هَٰذَا ٱلْبَلَدَ ءَامِنًا وَٱجْنُبْنِى وَبَنِىَّ أَن نَّعْبُدَ ٱلْأَصْنَامَ

Artinya: I”ngalah ketika Ibrahim berkata: Ya Rabbi, jadikalah negeri (Mekah) ini sebagai negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku menyembah berhala." (QS. Ibrahim: 35)

 

Keempat, Surah Ibrahim: 40-41

(.٤) رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاۤءِ

(٤١) رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ

 

Artinya: "Ya Rabbi, jadikanlah anak dan anak cucuku sebagai orang-orang tetap mendirikan shalat. Ya Rabb kami, terimalah do’aku. Ya Rabb kami, berilah aku ampunan, dan juga kedua orang tuaku serta orang- orang beriman di hari perhitungan. (hisab)."  (QS. Ibrahim: 40-41)

 

Kelima, Surah Al-Furqan: 74

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

"Ya Rabb kami, anugerahkan kepada kami isteri- isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang- orang yang bertaqwa." (QS. Al- Furqan:74)

 

Keenam, Surah An-Namal: 19

رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَدْخِلْنِى بِرَحْمَتِكَ فِى عِبَادِكَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Artinya: "Ya Rabbi, berikanlah petunjuk untuk tetap mensyukuri nikmat yang telah engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan juga untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai. Masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba- hamba-Mu yang shalih." ( QS. An-Naml: 19)

 

Ketujuh, Surah Al-Ahqaf: 15

رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَصْلِحْ لِى فِى ذُرِّيَّتِىٓ ۖ إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّى مِنَ ٱلْمُسْلِمِينَ

Artinya: "Ya Rabbi, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku supaya aku dapat melakukan amal shalih yang Engkau ridhai. Berikanlah kebaikan kepadaku dengan (memberikan kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku termasuk orang- orang yang berserah diri." (QS. Al Ahqaf: 15)

 

Kedelapan, Surah Al Imran: 8

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

Artinya: "Ya Rabb kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkaulah Maha Pemberi." (QS. Al- Imran: 8)

 

Demikian sahabat Mila, semoga Allah izinkan kita untuk memiliki keluarga yang senantiasa diberkahi dan dirahmati Allah

 

Ada tambahan sahabat Mila? Silakan tulis di kolom komentar

 

Salam,

Milah Smart

 

----------------------------------

#ceritamila #catatanmila #milahsmart #motivatormuslimah #lifementor #keluarga #idulfitri

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar