Senin, 17 April 2023

Pengalaman Pertama, Jadi Narasumber Kajian di Fakultas Teknik Universitas Lampung

 

Dokumen Milah Smart - Narumber Kajian FOSSI FT Unila 

Assalamualaikum, Apa kabar sahabat Mila. Semoga selalu dalam keadaan sehat dan berbahagia.


Pada kesempatan ini, Mila mau berbagi tentang pengalaman pertama mengisi kajian di Fakultas Teknik (FT) Universitas Lampung.

Dokumen Milah Smart - Narumber Kajian FOSSI FT Unila 

Beberapa waktu lalu (masih di bulan Ramadan) Mila dihubungi oleh salah satu panitia dari organisasi intra kampus. Nama organisasinya FOSSI adalah singkatan dari Forum Silaturahmi dan Studi Islam. Organisasi ini merupakan salah satu organisasi keislaman yang ada di Fakultas Teknik Unila.


Dokumen Milah Smart - Narumber Kajian FOSSI FT Unila 

Mila dihubungi panitia untuk menjadi narasumber kajian bertajuk “Be a Smart Muslimah for Golden Generation" di hari Jumat, 7 April 2023. Pukul 16.00 WIB s.d Selesai. Agendanya kajian Muslimah dan dilanjutkan dengan buka bersama.


Wow! dari judulnya aja keren banget. Super kayaknya materinya. Mengaca diri kayaknya Mila belum pantas dan masih banyak muslimah di luar sana yang lebih pantas. Apalagi kampus Unila secara basis, banyak orang-orang dan tokoh yang punya banyak ilmu dan lebih mapan kapasitasnya.


Dokumen Milah Smart - Narumber Kajian FOSSI FT Unila 

Tapi Mila ingat satu kalimat yang selalu Mila bawa. Bahwa "Setiap kesempatan adalah karya dan setip karya adalah kesempatan." Jadi kesempatan Mila untuk mengisi di salah satu kampus ternama di Lampung ini juga adalah kesempatan untuk belajar, berkarya, berbagi kebaikan.


Setelah menimbang, melihat jadwal, dan konsultasi dengan adek-adek, Mila ambil kesempatan ini. Waktunya juga pas. Karena selama bulan Ramadan, jam kerja di kantor lebih dipercepat pulangnya. Semula jam empat sore, ini jadi setengah dua siang. Alhamdulillah mungkin juga cara Allah. "Siap kak, InsyaAllah Mila hadir dalam kajian tersebut." jawabku singkat membalas pesan dari salah satu panitia.

Dokumen Milah Smart - Narumber Kajian FOSSI FT Unila 

Interaksi Mila dengan panita berlanjut, kirim foto dan profil singkat Mila juga dikirimkan via pesan Whatsapp


Hari H pelaksanaan.


Setelah semuanya siap, Mila berangkat didampingin asisten. Karena Audiens kajian ini para mahasiswi (perempuan semua) jadi Mila ajak Adek Mut Mainnah. 

Ya. Mila di Bandar Lampung punya tiga adek. Dua perempuan dan satu laki-laki. Sejak Mila terjun ke dunia training (tahun 2017) dan diminta menjadi narasumber seminar, kajian dan sejenisnya, Mila selalu melibatkan adek-adek.

Kemudian, cara mengapresiasinya adalah dengan memberikan gelar sebagai "Asisten Pribadi" eaa, sebelum ada di doi yang nantinya juga akan membersamai.


Selain untuk memberikan pembelajaran berharga buat mereka, Mila juga ini menjadi teladan buat adek-adek di rumah. Bahwa jadi seorang Muslimah itu harus cerdas dan bermanfaat bagi orang lain.


Kalau audiensnya perempuan dan masih di daerah Bandar Lampung, biasanya Mila ajak Fatimah atau adek Mut Mainnah. Begitupun sebaliknya, kalau audiensnya laki-laki dan perempuan dan ada di luar Bandar Lampung, Mila ajak adek Lukman Hakim. Ojek Pribadi yang selalu siap membersamai.


Lukman Hakim adalah adek Mila yang laki-laki dan dia merupakan anak laki-laki satu-satunya di keluarga kami. Hari ini Mila menang dianter sama adek. Tapi nanti dianter sama kamu ya. Iya kamu. Mungkin saja kamu yang membaca tulisan ini adalah pendamping hidupku nanti. Biidznillah. Semoga Allah menyatukan kita dalam ikatan yang suci nan berkah ya.


Oke kembali ke tema. Hari H waktu itu. Jumat (setelah ashar) Aku dan adek Imut sudah sampai di fakultas Teknik Unila. Awalnya muter-muter cari masjid Al Fatih Fakultas Teknik. Maklum belum familiar dengan kampus keren ini. Setelah keliling-keliling baru ingat buka Map dan shearching masjid tersebut. Alhamdulillah ketemu. Awalnya kirim pesan ke panitia tetapi belum ada response.


Sampe di sana, ketemu Hani. Zahra Hanifah Amrul nama lengkapnya. Hani (biasanya disapa) yang menghubungiku mewakili panitia. Mila terangkan sedikit tentang Hani ini ya. Hani  adalah wakil ketua umum di organisasi tersebut.


Hani ini adalah Alumni angkatan kedua SMA IT Daarul Ilmi Bandar Lampung. SMA IT Daarul Ilmi Bandar Lampung adalah salah satu lembaga pendidikan Islam terpadu (IT) yang tergabung di Jaringan Islam Terpadu (JSIT) Wilayah Lampung. Sekolah ini beralamat di Jalan Bukit Kemiling Permai Gang Persada II Kelurahan Kemiling Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung.


Sampe di sana, baru ada dua tiga orang panitia. Mereka panitia sekaligus peserta. Cuaca langit waktu itu memang mendung dan sebagian daerah di Bandar Lampung juga hujan deras. Setelah Mila tanya ke panitia, pesertanya ada sekitar 20an dan ada juga yang dari luar kampus Unila.


Karena ada kendala teknis, semula dijadwalkan mulai pukul 16.00 WIB dimulai,  ternyata diundur menjadi 17.12 WIB.

Hehe. Baru kali ini sebetulnya Mila mengisi acara yang sampe mundurnya 1 jam lebih. Tapi ndak apa semoga menjadi pembelajaran kedepannya ya. 


Sahabat Mila. Ada satu pesan yang Mila ambil dari kejadian diatas. Kendala teknisnya memang di bagian sound system, lcd dan lainnya. Namun Mila seakan dapat pesan dari Allah gini.


"Mil, yuk tilawah dulu aja, sambil menunggu panitia menyelesaikan masalahnya, silakan tilawah dulu, banyakin berdoa dan berdzikir. Ini kamu sekarang lagi di rumah Allah (masjid) dan di bulan yang Allah kabulkan doa-doanya (bulan Ramadan)"


Dokumen Milah Smart - Narumber Kajian FOSSI FT Unila 


Allah, bahagia banget dan itu yang membuat Mila tenang saat menghadapinya kemarin. Sambil bincang-bincang juga denga beberapa peserta dan panitia.


Walau Mila melihat wajah-wajah dari panitia, penuh kecemasan dan malu karena agendanya molor pisan euy😁


Tepat di pukul 17.12 WIB agenda baru dimulai dan Mila memberikan materi dua puluh menit setelah pembukaan. Agenda diawali dengan tilawah dan sambutan dari perwakilan panitia.


Alhamdulillah, kajian yang diikuti puluhan peserta ini bertujuan untuk menambah wawasan mengenai pentingnya menjadi muslimah yang cerdas, pentingnya belajar dan menjadi muslimah yang berdampak pagi kehidupan ini berjalan dengan baik. Kurang lebih 30 menit, Mila menyampaikan materi dan dilanjutkan dengan tanya jawab.


Beberapa materi Mila sampaikan di bawah ini ya. Semoga sahabat Mila bisa mendapatkan pembelajarannya.


Materi Mila ambil dari berbagai sumber satu diantaranya dari full buku "Keakhwatan" karya Pak Cahyadi Takariawan. Kemudian Mila racik dan coba tarik dan simpulkan menjadi sebuah kata kunci yang mudah diingat oleh peserta ataupun audiensnya.


Pertama, muslimah yang cerdas adalah muslimah yang tau akan hak dan kewajibannya serta mengetahui apa saja peran-peranya di muka bumi ini.


Kalau kita lihat dalam Islam sendiri, ada lima peran yang harus dilaksanakan oleh seorang wanita muslimah. Perannya sebagai seorang hamba Allah, sebagai anak, sebagai istri, sebagai seorang ibu dan sebagai bagian dari masyarakat.


Berhubung Mila belum ada di fase Isteri dan Ibu, maka dua hal ini diskipp dulu. InsyaAllah jika sudah di fase ini Mila juga akan sampaikan yah.


Peran utama yang harus selalu diingat adalah untuk beribadah kepada Allah semata.


Peran seorang muslimah sebagai anak adalah senantiasa berbakti kepada kedua orang tua. Berbakti kepada orang tua adalah kewajiban bagi setiap anak.


Diantara cara berbakti kepada kedua orang tua adalah Kita harus menjaga kesucian diri, bersyukur kepada orang tua, berkata jujur, bersikap santun dan lembut serta sennatiasa mendoakannya baik di dunia dan di akhirat kelak.


Kedua, Ada beberapa tips yang Mila bagikan mengenai "Bagaimana menjadi muslimah yang cerdas." Diantaranya kita harus mentata hati, tata diri, tata prestasi, tata interaksi, mengoptimalkan masa mudanya untuk belajar, berprestasi dan berkarya dan memberi dampak serta menjadi teladan dalam kehidupan.


Dokumen Milah Smart - Narumber Kajian FOSSI FT Unila 


Yuk sahabat Mila, yang masih kuliah, berikan prestasi terbaikmu di kampus.


Buat sahabat Mila yang sudah lulus dan bekerja, Yuk jadi pribadi yang harum. Hamble, Aktif, Meaningfull, Bersemangat, Loyalitas dan Empati. Tak lupa juga miliki karakter Leadership yang sudah dicontohkan Rasul dan paras shahabiyah muslimah sepanjang jaman.


Dokumen Milah Smart - Narumber Kajian FOSSI FT Unila 


Semoga Allah membimbing kita semua. Aamiin allahumma aamiin



Btw, mengenai pengalaman pertama mengisi di Fakultas Teknik Unila jadi apa Mil?


Ya. Alhamdulillah. Tentu Mila sangat bersyukur dan bahagia bisa bersilaturahmi dengan teman-teman mahasiswi di kampus Unila, khususnya Fakultas Teknik. Ini merupakan kesempatan dan hal berharga buat Mila. Tambah teman, tambah relasi, tambah rezeki mungkin juga hal ini bisa menjadi jalan menemukan pasangan hati. Eaaa.



Eh, gimana caranya Mil. Kan cewek semua pesertanya? Mungkin saja kan, mereka punya Abang yang sholeh yang bisa disandingkan ame Aye. Cihuy. Bercanda ya sahabat. Kalau pun nanti iya, ya Alhamdulillah berkah jadinya. hehe 😁


Okeh, Terima kasih yah sahabat Mila sudah mampir ke blog Aye. Tulisan Receh ini semoga bisa memberi manfaat. Sampai bertemu di tulisan yang lain


Salam,

Milah




----------------------------------
#ceritamila #catatanmila #milahsmart #motivatormuslimah #lifementor #berbagi #materi 
#muslimahpresentationdesigner #ramadhan #puasa #1444h





Tidak ada komentar:

Posting Komentar