Rabu, 19 April 2023

Ini Doa di Hari Raya Idul fitri

 

Milah Smart - Doa di Hari Raya Idul Fitri


Assalamualaikum,

Apa kabar sahabat Mila. Semoga selalu dalam keadaan sehat dan berbahagia. 


Sahabat, tak terasa sebentar lagi kita akan bertemu dengan hari raya idul Fitri 1444 Hijriyah

Buat yang pulang kampung, selamat berkumpul dengan keluarga ya. Semoga Ayah/Bunda dan keluarga semuanya sehat dan selalu dalam kebaikan. 


Buat sahabat Mila yang tidak bisa pulang karena studi di luar kota dan tidak memungkinkan untuk mudik, semoga Alla senantiasa meliputi dengan keberkahan. Juga buat sahabat Mila yang sudah dibawa ke tempat keluarga suami/istrinya, selamat atas anugerah yang Allah titipkan. Semoga semakin memperkokoh tali dan ikatan rumah tangganya ya. 


Tidak lupa juga Mila sampaikan buat sahabat yang sudah tidak lagi bisa berjumpa dengan orang tuanya (karena keduanya telah tiada), semoga Allah memberikan tempat terbaik untuk Ayah/bundanya di Syurga dan Allah membimbing kita semua untuk menjadi putra/putrinya yang shalih dan shalihah. 


Sahabat, di puasa tahun ini Alhamdulillah kita sudah diizinkan oleh Allah untuk bisa tarawih dan bersama-sama lagi dalam berbagai kegiatan. Ada salat di masjid, tilawah quran bareng, buka bersama, kajian ramadan, iktikaf, dan berbagai kegiatan yang bisa menambah amal kita di bulan suci ini bisa dilaksanakan dengan baik. Berbeda dengan dua tahun sebelumnya yah. Pandemi Covid 19 yang menghantam seluruh penjuru negeri. 


Maka ahal pertama yang ingin Mila sampaikan kepada kita semua. Hendaknya kita memperbanyak syukur kepada Allah. Atas berkat Rahmat Allah lah kita bisa melewati ramadan ini dengan baik. Beberapa hari kedepan juga kita akan bertemu dengan idul fitri. InsyaAllah yah.


Nah. mengenai ucapakan apa saja yang harus disampaikan saat bersalaman atau bercengkrama dengan keluarga dan sanak saudara. Mila izin mengingatkan kembali. 


Biasanya kita bilang "Selamat lebaran, minal aidzin wal faizin. Mohon maaf lahir dan batin." dan kalimat lainnya yang mewakili diantara kita saling maaf memaafkan. DUlu, awalnya pun Mila bilang seperti diatas. Namun setelah belajar dan diberitahu oleh kakak (kakak kedua yang mondok) ternyata ada doa yang diajarkan oleh Nabi. Atau ada doa yang biasanya dan diajurkan dibaca saat idul fitri. 


Membaca  تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ


Ini termaktub dari beberapa hadist dan ungkapan ulama. Mari kita telusuri bersama.


Hadist Pertama dari Jubair bin Nufair. Seperti ini lengkapnya:


فعن جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكم. الحافظ : إسناده حسن


Artinya: “Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa dahulu apabila para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertemu pada Hari Raya (Idul Fitri atau Idul Adha), mereka saling mengucapkan, “Taqabbalallahu minna wa minkum (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian)”. Hadist ini sanadnya dari Hasan. Termaktub dalam kitab Fathul Bari karya Ibnu Hajar Al-Asqolani


Kedua, kisah ini diriwayatkan oleh penduduk Syam dari Abu Umamah. Salah seorang ulama, Harb mengatakan, “Imam Ahmad pernah ditanya mengenai apa yang mesti diucapkan di Hari Raya Ied (Idul Fitri dan Idul Adha), apakah dengan ucapan, ‘Taqabbalallahu minna wa minkum’?” Imam Ahmad menjawab, “Tidak mengapa mengucapkan seperti itu”.


Nah! dari berbagai penjelasan hadist dan ungkapan ulama diatas disa disimpulkan bahwa ucapan selamat di hari raya sebtulnya bebas yah. Namun akan lebih baik jika kita sempurnakan. Kita mengawali dengan "Taqobbalallahu minna wa minkum. Minal aidzin wal faidzin."


Jika sahabat Mila ada reverensi dan tamban yang lain, boleh dituliskan di kolom ya,,,

Semoga Allah memberikan kebaikan pada tulisan ini.


Salam, 

Milah Smart

Tidak ada komentar:

Posting Komentar